pengembangan Lembar Kerja Siswa (lks) berbasis project based learning pada topik ekologi (Penelitian Terhadap Siswa Kelas X SMAN Jatinangor)

Nadilah, Nida (2017) pengembangan Lembar Kerja Siswa (lks) berbasis project based learning pada topik ekologi (Penelitian Terhadap Siswa Kelas X SMAN Jatinangor). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (211kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)

Abstract

Lembar kerja siswa (LKS) merupakan lembaran tugas dan langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu tugas yang harus dikerjakan. Pada umumnya disekolah LKS berupa kumpulan-kumpulan soal yang harus dikerjakan oleh siswa tanpa di sertai dengan kegitan observasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kelayakan LKS berbasis Project Based Learning pada topik Ekologi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D. Prosedur yang diadaptasi tersebut meliputi empat tahap: (1) Define, (2) Design, (3) Develop, dan (4) Disseminate. Kelayakan LKS di nilai penilaian ahli ditinjau dari aspek materi, bahasa, isi yang disajikan, grafik, kelengkapan komponen LKS, dan kesesuaian komponen LKS berbasis Project Based Learning. Data penelitian diperoleh dari hasil validasi ahli, respon siswa dan penilaian hasil belajar siswa yang dilakukan pada saat uji coba di SMAN Jatinangor. Hasil penelitian ini adalah perangkat pembelajaran biologi berupa lembar kerja siswa (LKS) berbasis Project Based Learning. Berdasarkan penilaian (Validasi) yang dilakukan oleh pakar. LKS yang dikembangkan memenuhi kriteria layak dengan skor rata-rata 83%, dan katagori “sangat baik”, sedangkan aktivitas siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan LKS menunjukan nilai rata-rata 74%. Hasil belajar siswa pada pembelajaran dengan menggunakan Lembar Kerja Siswa LKS berbasis Project Based Learning pada materi ekologi adalah 85.5 dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Siswa,project based learning,topik ekologi
Subjects: Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: PKL1 SMKN 8 GARUT
Date Deposited: 24 Nov 2023 02:01
Last Modified: 24 Nov 2023 02:01
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72995

Actions (login required)

View Item View Item