manajemen majelis taklim masjid Darussalam dalam meningkatkan fungsi masjid (Studi Deskriptif pada Masjid Darussalam Permata Biru Desa Cinunuk Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandun

mustofa, kemal aih (2017) manajemen majelis taklim masjid Darussalam dalam meningkatkan fungsi masjid (Studi Deskriptif pada Masjid Darussalam Permata Biru Desa Cinunuk Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandun. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
3_bab1.pdf

Download (182kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
4_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB)
[img] Text (BAB 3)
5_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[img] Text (BAB 4)
6_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)

Abstract

Manajemen Majelis Taklim Masjid Darussalam Dalam Meningkatkan Fungsi Masjid Dalam konsep modern, pengelolaan yang sistematis dan profesional dalam berdakwah melalui majelis taklim membutuhkan upaya-upaya terorganisir dalam ruang lingkup masjid. Peran mudabir dakwah sangat dibutuhkan dalam terselenggaranya majelis taklim dalam rangka menambah keilmuan jamaah di tiap-tiap masjid, kegiatan ini merupakan praktek upaya meningkatkan fungsi masjid dalam bidang pendidikan, penanaman aqidah, syariah berikut prakteknya. Rumusan masalah penelitian ini bermuara pada satu permasalahan yaitu tentang bagaimana penerapan fungsi dan unsur manajemen dalam majelis taklim di Masjid Darussalam komplek Permata Biru Desa Cinunuk Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung dalam upaya meningkatkan fungsi masjid. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan unsur dan fungsi manajemen terhadap majelis taklim sebagai upaya peningkatan fungsi masjid sehingga dapat teruraikan informasi terkait dengan pemberdayaan fungsi masjid dengan adanya manajemen. Masjid menjadi sumber pusat kegiatan umat Islam yang ditunjang oleh beberapa sumber daya yang merupakan elemen penting dalam perwujudan fungsinya. Maka untuk merealisasikan fungsinya, manajemen sebagai ilmu dan seni akan mengatur proses pemanfaatan dan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Karena tujuan pokok dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan dan memberikan penjelasan tentang peningkatan fungsi masjid yang dilandasi adanya manajemen majelis taklim dengan penerapan fungsi dan unsur manajemen terhadap majelis taklim. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya manajemen dalam majelis taklim memberikan peningkatan pada fungsi masjid.Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa manajemen majelis taklim dalam meningkatkan fungsi masjid memberikan keterampilan untuk mendukung berbagai gerakan dakwah yang sedang berlangsung di tengah masyarakat guna meningkatkan fungsi masjid. Penerapan fungsi dan unsur manajemen terhadap majelis taklim adalah sebuah penerapan keilmuan pada realitas proses menempuh tujuan berdakwah dengan sarana majelis taklim yang menjadi salah satu kegiatan yang di laksanakan di Masjid sehingga fungsi masjid tersebut dapat dioptimalkan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: tidak ada daftar isi
Uncontrolled Keywords: manajemen,fungsi masjid ,Studi Deskriptif
Subjects: Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: PKL1 SMKN 8 GARUT
Date Deposited: 24 Nov 2023 01:43
Last Modified: 24 Nov 2023 01:43
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73003

Actions (login required)

View Item View Item