Penerapan metode Brainstorming (Sumbang Saran) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih : Penelitian tindakan kelas di kelas IV A MI Muhammadiyah Kecamatan Rancaekek Bandung

Edythiana, Ajeng Dinna (2021) Penerapan metode Brainstorming (Sumbang Saran) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih : Penelitian tindakan kelas di kelas IV A MI Muhammadiyah Kecamatan Rancaekek Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
daftar isi.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1 (1).pdf

Download (322kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img] Text (BAB III)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)
[img] Text (BAB IV)
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
dapus.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan yang terdapat pada pembelajaran Fiqih di kelas IV A MI Muhammadiyah Kecamatan Rancaekek Bandung, pembelajaran yang didominasi oleh guru yang menyebabkan peserta didik kurang aktif. Pembelajaran yang hanya terfokus pada guru dengan menggunakan metode ceramah serta kurangnya interaksi antara peserta didik dengan guru. Hal tersebut menyebabkan hasil belajar siswa pada pembelajaran fiqih kurang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih sebelum menggunakan metode brainstorming, mengetahui proses pembelajaran dengan menggunakan metode brainstorming, serta untuk mengetahui hasil belajar siswa ketika diterapkan metode brainstorming pada proses pembelajaran. Serta untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan metode brainstorming. Penelitian ini berdasarkan hipotesis yang diajukan adalah penerapan metode brainstorming diduga dapat meningkatkan pemahaman belajar siswa kelas IV A MI Muhammadiyah Rancaekek Bandung. Metode brainstorming merupakan konsep pembelajaran yang mendorong siswa untuk sumbang saran kepada temannya yang membuat hubungan-hubungan antara pengetahuan yang telah dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan melakukan penelitian pra siklus, siklus I, dan siklus II. Pada setiap siklus dilakukan empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi dengan subjek penelitian siswa kelas IV MI A Muhammadiyah Rancaekek Bandung yang berjumlah 24 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan, tes, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data diperoleh simpulan bahwa: 1) Proses pembelajaran sebelum menggunakan metode brainstorming diperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 25%, dari hasil tes pra siklus tersebut masih dengan kategori rendah 2) Penerapan metode brainstorming terjadi peningkatan yang signifikan, aktivitas guru pada siklus I tindakan 1 sebesar 50% tindakan 2 sebesar 66,67% dengan kategori cukup, pada siklus II tindakan 1 sebesar 83,33% tindakan 2 sebesar 91,67% dengan kategori baik sekali. Aktivitas siswa siklus I tindakan 1 sebesar 60,60% tindakan 2 sebesar 69,70% dengan kategori cukup, siklus II tindakan 1 sebesar 84,84% tindakan 2 sebesar 96,97% dengan kategori baik sekali 3) hasil belajar siswa setelah menggunakan metode brainstorming juga terjadi peningkatan, hal ini dapat diketahui dari hasil tes, pada siklus I ketuntasan belajar secara klasikalnya yaitu 74,98% terjadi peningkatan pada siklus II yaitu ketuntasan belajar secara klasikal menjadi 89,58%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran; metode Brainstorming (Sumbang Saran); hasil belajar; mata pelajaran Fiqih;
Subjects: Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ajeng Dinna Edythiana
Date Deposited: 08 Aug 2023 00:32
Last Modified: 09 Aug 2023 00:44
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73017

Actions (login required)

View Item View Item