penerapan model pembelajaran sains teknologi masyarakat (stm) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi perubahan lingkungan (Penelitian Pre-Eksperimen pada Siswa Kelas X SMA Alfa Centauri-Bandung

Purnamasari, Rosi (2017) penerapan model pembelajaran sains teknologi masyarakat (stm) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi perubahan lingkungan (Penelitian Pre-Eksperimen pada Siswa Kelas X SMA Alfa Centauri-Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (249kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB)
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)

Abstract

ABSTRAK ROSITA PURNAMASARI : “Penerapan Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Perubahan Lingkungan” (Penelitian Pre-Eksperimen pada Siswa kelas X di SMA Alfa Centauri)Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran biologi di kelas lebih banyak menekankan pada pengetahuan dan penguasaan materi. Metode pembelajaran yang biasanya digunakan guru dalam menyampaikan materi pokok perubahan lingkungan adalah diskusi, kemudian tanya jawab dan diakhiri dengan pemberian tugas atau latihan soal. Berdasarkan pemaparan guru tersebut KKM untuk mata pelajaran Biologi di sekolah tersebut adalah 72, pada tahun ajaran 2015/2016 hanya sekitar 50% siswa yang mencapai KKM sedangkan 50% siswa lainnya belum mencapai KKM yang mencapai KKM dengan rata-rata nilai siswa 64. Salah satu cara untuk membantu hasil kemampuan berpikir kritis siswa yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Sains Teknologi Masyrakat (STM). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan keterlaksanaan penerapan model pembelajaran STM pada materi perubahan lingkungan, dan untuk menganalisis hasil kemampuan berpikir kritis siswa dengan penerapan model pembelajaran STM pada materi perubahan lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pre�eksperiment dengan desain one-group pretest-posttest design. Sampel penelitian ini yaitu kelas X MIA 6 dan X MIA 7 SMA Alfa Centauri. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan proses penerapan model STM pada kelas X MIA 6 sebesar 89% dan 87% untuk keterlaksanaan pembelajaran guru dan siswa, pada kelas X MIA 7 sebesar 92% dan 91% untuk keterlaksanaan pembelajaran guru dan siswa dengan demikian proses penerapan model pembelajaran STM terlaksana dengan sangat baik. Hasil kemampuan berpikir kritis siswa kelas X MIA 6, 69% siswa mencapai KKM dan sisanya 31% belum mencapai KKM. Pada kelas X MIA 7, 65% siswa mencapai KKM dan 35% siswa belum mencapai KKM. Dibuktikan dengan Hasil pengujian hipotesis bahwa eksperimen 1 diperoleh thitung (21,01) > ttabel (2,06), maka Ho ditolak. Eksperimen 2 diperoleh thitung (15,20) > ttabel (2,06) maka H0 ditolak. Dari kedua kelas dapat disimpulkan maka penerapan model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) dapat membantu kemampuan berpikir kritis siswa pada materi perubahan lingkungan. Kata Kunci : Model Sains Teknologi Masyarakat (STM), berpikir kritis, perubahan lingkungan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: penerapan model,sains teknologi masyarakat (stm) ,perubahan lingkungan
Subjects: Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: PKL1 SMKN 8 GARUT
Date Deposited: 23 Nov 2023 08:09
Last Modified: 23 Nov 2023 08:09
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73027

Actions (login required)

View Item View Item