Peningkatan kemampuan pemahaman, Pemecahan masalah matematis dan self-regulated learning siswa Melalui pendekatan eksplorasi berbasis intuisi (penelitian eksperimen di kelas viii smpn 17 bandung)

Susilawati, Erni (2017) Peningkatan kemampuan pemahaman, Pemecahan masalah matematis dan self-regulated learning siswa Melalui pendekatan eksplorasi berbasis intuisi (penelitian eksperimen di kelas viii smpn 17 bandung). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstraks.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_ bab1.pdf

Download (474kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (924kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[img] Text (DAFTARPUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)

Abstract

Erni Susilawati. “Peningkatan Kemampuan Pemahaman, Pemecahan MasalahMatematis dan Self-Regulated Learning Siswa Melalui Pendekatan Eksplorasi Berbasis Intuisi (Penelitian Eksperimen di Kelas VIII SMPN 17 Bandung)”. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman, pemecahan masalah matematis dan self�regulated learning siswa antara yang memperoleh pembelajaran pendekatan eksplorasi berbasis intuisi dengan pembelajaran konvensional berdasarkan PAM. Data diperoleh melalui instrumen tes dan nontest. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh hasil: (a) Aktivitas guru dan siswa secara keseluruhan sudah terlaksana dengan baik (b) Hasil analisis menggunakan uji ANOVA dua jalur terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran pendekatan eksplorasi berbasis intuisi dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional itinjau secara keseluruhan berdasarkan PAM (tinggi, sedang, rendah) (c) Hasil analisis menggunakan uji-t tidak terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa berdasarkan PAM kategori rendah. (d) Peningkatan self-regulated learning siswa yang memperoleh pembelajaran pendekatan eksplorasi berbasis intuisi lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. (e) Kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal pemahaman dan pemecahan masalah matematis dapat diminimalisisr. Kesimpulan: Pendekatan eksplorasi berbasis intuisi dapat memfasilitasi proses intuisi, penemuan konsep, dan aplikasi konsep sehingga kemampuan pemahaman, pemecahan masalah matematis dan self-regulated learning siswa lebih baik dari pada pembelajaran konvensional. Kata kunci: Pemahaman, Pemecahan Masalah Matematis, Self-Regulated Learning, Pendekatan Eksplorasi Berbasis Intuisi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman;Pemecahan Masalah Matematis;Self-Regulated Learning
Subjects: Algebra
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: PKL2 SMKN 8 GARUT
Date Deposited: 23 Nov 2023 06:44
Last Modified: 23 Nov 2023 06:44
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73045

Actions (login required)

View Item View Item