“Bimbingan Pengamalan Agama Pasca Bencana Banjir Bandang (Studi Kasus Di Kampung Cimacan Desa Haurpanggung Kabupaten Garut)”

itsbat, muhammad (2017) “Bimbingan Pengamalan Agama Pasca Bencana Banjir Bandang (Studi Kasus Di Kampung Cimacan Desa Haurpanggung Kabupaten Garut)”. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (299kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB)
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB)
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)

Abstract

ABSTRAK MUHAMMAD ITSBAT “Bimbingan Pengamalan Agama Pasca Bencana Banjir Bandang (Studi Kasus Di Kampung Cimacan Desa Haurpanggung Kabupaten Garut)” Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya bencana banjir bandang sehingga di laksanakannya Bimbingan Pengamalan Agama Pasca Bencana Banjir Bandang yang di adakan di kampung Cimacan Kabupaten Garut untuk membantu dan menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi oleh warga kampung Cimacan yang terjadi setelah Bencana Banjir Bandang, dengan adanya Bimbingan Pengamalan Agama dapat meningkatkan keimanan mereka dan ketaqwaan mereka. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bimbingan pengamalan agama masyarakat kampung Cimacan Kabupaten Garut sebelum adanya bencana banjir bandang, untuk mengetahui proses pelaksanaan Bimbingan Pengamalan Agama Pasca Bencana Banjir Bandang, dan untuk mengetahui hasil bimbingan pengamalan agama pasca bencana banjir bandnag di kampung cimacan kabupaten Garut. Kerangka pemikiran pada penelitian ini yaitu bimbingan agama sebagai pemberian bantuan kepada individu yang mengalami kesulitan baik lahiriah maupun batiniah yang menyangkut kehidupannya di masa kini dan di masa yang akan datang. Bertolak pada Konseling Kuratif yaitu pemecahan masalah yang dihadapi seseorang, secara Islami berarti Konseling Agama Islam membantu individu menyadari kembali keberadaan atau eksistensinya sebagai makhluk Allah, sebagai ciptaan, manusia yang diciptakan-Nya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif karena dalam pelaksanaanya peneliti memulai dengan memahami gejala-gejala atau fenomena-fenomena yang menjadi pusat perhatiannya dengan terjun langsung ke lokasi penelitian dengan pikiran seterbuka mungkin. Hasil dari penelitian ini adalah mereka yang dulunya kurang mengerti terhadap agama dan jauh dari kata beriman. Dengan diadakannya Bimbingan Pengamalan Agama ini diharapkan bisa mengingatkan mereka akan sangat pentingnya untuk mengerti agama dan mengamalkannya di kehidupan sehari-hari. Dan juga mengetahui pendapat dari berbagai orang yang mengalami musibah diantaranya yang iman bahwa bencana ini adalah ujian dari Allah Swt sedangkan yang kurang iman bahwa ini adalah azab dari Allah SwT

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan,Pengamalan Agama,Banjir Bandang
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: PKL4 SMKN 8 GARUT
Date Deposited: 30 Nov 2023 03:21
Last Modified: 30 Nov 2023 03:21
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73097

Actions (login required)

View Item View Item