Hubungan Kegiatan Keagamaan Dengan Perilaku Sosial (Studi Perbandingan Antara Santri Asrama Dan Santri Non Asrama Kelas Viii Mts Persis 84 Ciganitri)

syahida, Afina (2017) Hubungan Kegiatan Keagamaan Dengan Perilaku Sosial (Studi Perbandingan Antara Santri Asrama Dan Santri Non Asrama Kelas Viii Mts Persis 84 Ciganitri). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (227kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Hubungan Kegiatan Keagamaan dengan Perilaku Sosial Santri Asrama dan Santri Non asrama Kelas VIII MTs Persis 84 Ciganitri. Kajiannya dilatarbelakangi oleh adanya kesenjangan antara yang mereka dapatkan setiap harinya dengan apa yang mereka lakukan di kehidupan sehari-hari. Adapun penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana gambaran kegiatan keagamaan pada santri kelas MTs VIII Persis 84 Ciganitri ? (2) Bagaimana gambaran perilaku sosial pada santri kelas VIII MTs Persis 84 Ciganitri ? (3) Apakah terdapat hubungan antara kegiatan keagamaan dengan perilaku sosial pada santri kelas VIII MTs Persis 84 Ciganitri ? (4) Bagaimana perbandingan perilaku sosial antara santri asrama dan santri non asrama kelas VIII MTs Persis 84 Ciganitri ?. Penelitian ini menggunakan mix method. Subjek penelitian adalah santri kelas VIII MTs Persis 84 Ciganitri sebanyak 40 responden.Teknik pengambilan data dengan cara observasi, wawancara, dan menggunakan instrumen kuesioner yang berbentuk angket dengan jumlah soal 75 untuk mendapatkan data aktif kegiatan keagamaan dan perilaku sosial. Dalam penelitian ini pengolahan data dilakukan dengan bantuan program SPSS For Windows Version 21.0 dengan menggunakan analisis deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, dan pengujian hipotesis yang terdiri dari uji t dan koefisien determinasi. Hasil penelitian berdasarkan grafik bahwa diantara kegiatan keagamaan MTs Persis 84 Ciganitri seperti shalat berjamaah, shalat dhuha, shalat tahajud, tahfidz qur’an, membaca al-qur’an, do’a dan dzikir, muhadharah menunjukkan bahwa yang paling sering dilakukan yaitu do’a dan dzikir. Hasil penelitian berdasarkan grafik perilaku sosial santri kelas VIII MTs Persis 84 Ciganitri menunjukkan bahwa sebagian besar para santri memiliki kecenderungan dalam hubungan sosial yang mencerminkan perilaku positif. Hasil korelasi antara variabel independent dengan variabel dependen pada santri kelas VIII MTs Persis 84 Ciganitri mempunyai hubungan positif sebesar 56,9% pada santri asrama dan 59,1% pada santri non asrama. Hal ini menunjukkan bahwasannya pada santri asrama maupun santri non asrama sama-sama mempunyai hubungan yang sedang antara kegiatan keagamaan dengan perilaku sosial. Hasil perbandingan berdasarkan persentase bahwa perilaku sosial antara santri asrama dan santri non asrama kelas VIII MTs Persis 84 Ciganitri terdapat perbedaan yang tidak terlalu besar, persentase perilaku sosial santri asrama (79%)lebih besar dari pada santri non asrama (74%). Hal ini menunjukkan bahwa perilaku sosial santri asrama lebih tinggi dari pada santri non asrama.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif antara kegiatan keagamaan dengan perilaku sosial santri asrama dan santri non asrama kelas VIII di MTs Persis 84 Ciganitri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: hubungan;keagamaan;sosial
Subjects: Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: PKL5 SMKN 11 GARUT
Date Deposited: 30 Nov 2023 04:00
Last Modified: 30 Nov 2023 04:00
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73104

Actions (login required)

View Item View Item