Peran manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan produktivitas tenaga kerja (Studi Deskriptif Di Yayasan Pendidikan Islam Miftahul U’lum, Perumahan Cipinang Indah RT/RW 03/05, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung)

Jamaludin, Nashrulloh (2017) Peran manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan produktivitas tenaga kerja (Studi Deskriptif Di Yayasan Pendidikan Islam Miftahul U’lum, Perumahan Cipinang Indah RT/RW 03/05, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung). Sarjana thesis, UIN Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (255kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)

Abstract

Bagi suatu organisasi, manajemen sumber daya manusia sangat menyangkut kepada keseluruhan urusan organisasi dan tujuan yang ditetapkan. Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, seluruh komponen atau unsur yang ada di dalamnya harus memfokuskan pada perencanaan yang menyangkut penyusunan staff, penetapan program latihan jabatan dan lain sebagainya. khususnya yang menyangkut kesiapan sumber daya manusianya. dengan demikian sebagai lembaga formal Yayasan Pendidikan Islam harus mempertahankan pengelolaan sumber daya manusianya untuk menjaga berjalannya roda organisasi, terlebih jika dikaitkan dengan meningkatnya kepercayaan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan manajemen sumber daya manusia dan proses seleksi yang di lakukan oleh Yayasan Pendidikan Islam Miftahul U’lum dalam meningkatkan produktivitas tenaga kerja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus. Hal ini disesuaikan dengan peneliti dalam proses pengumpulan datanya menggunakan tiga teknik utama yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi mengenai perencanaan sumber daya manusia dan proses seleksi di Yayasan Pendidikan Islam Miftahul U’lum. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan teori dari Malayu Hasibuan bahawa fungsi manajemen sumber daya manusia terbagi dua diantaranya fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian, kemudian fungsi operasional diantaranya pengadaan, pengembangan, kompensasi, pemeliharaan, kedisiplinan, dan pemberhentian, untuk menganalisis, sejauh mana program program yang telah bejalan di Yayasan Pendidikan Islam Miftahul U’lum untuk meningkatkan produktivitas tenaga kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Yayasan Pendidikan Islam Miftahul U’lum merencanakan sumber daya manusianya melalui berbagai aspek diantaranya pengorganisasian, pengembangan, pengendalian dan kompensasi, sedangkan seleksi yang di terapkan di Yayasan Pendidikan Islam Miftahul U’lum sudah terbilang rapih dan sistematis, karena calon tenaga kerja harus melalui beberapa proses yang harus di lalui untuk menjadi tenaga kerja di lembaga tersebut, yaitu pemeriksaan berkas, interview pendahuluan, tes kesehatan,dan wawancara akhir. Berdasarkan temuan dapat disimpulkan bahwa Yayasan Pendidikan Islam Miftahul U’lum dapat mengoptimalkan sumber daya manusia secara maksimal, namun untuk meningkatkan produktivitas tenaga kerja perlu ditambah dalam segi perencanaan sumber daya manusia dan tahapan proses seleksi untuk membentuk tenaga kerja yang kompeten di bidangnya, dikarenakan masih ada keluhan dari masyarakat mengenai penempatan tugas kerja sehingga pekerjaan menjadi tidak maksimal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Accounting
Accounting > Accounting for Specific Activities
Depositing User: PKL1 SMKN 8 GARUT
Date Deposited: 29 Dec 2023 01:49
Last Modified: 29 Dec 2023 01:49
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73114

Actions (login required)

View Item View Item