Astuti, Fitri Puji (2017) Peran bimbingan karir terhadap siswa tunanetra (penelitian di sekolah luar biasa negeri a jl. Padjajaran no. 50 kota bandung ). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (124kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi (1).pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1 (1).pdf Download (203kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2 (1).pdf Restricted to Registered users only Download (267kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3 (1).pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4 (1).pdf Restricted to Registered users only Download (131kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTKA)
8_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (137kB) |
Abstract
Bimbingan karir sangat berperan penting pada siswa tunanetra, Para Siswa Tunanetra yang ingin melanjutkan pelajaran, atau memilih program studi, serta yang akan langsung terjun ke dunia kerja, memerlukan bimbingan karir secara bijaksana. Penelitian ini berawal dari pelaksanaan bimbingan karir yang berperan penting untuk siswa tunanetra di SLB Negeri A Kota Bandung. Adapun tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui dan memberikan gambaran mengenai program yang diberikan kepada siswa tunetra di SLBN A Kota Bandung. 2) Untuk mengetahui proses pelaksanaan bimbingan karir terhadap siswa tunanetra di SLBN A Kota Bandung. 3) Untuk mengetahui hasil dari bimbingan karir yang telah diterapkan kepada siswa tunanetra di SLBN A Kota Bandung. Pemikiran ini bertolak dari pemikiran Ahmadi bahwa bimbingan karir adalah kegiatan layanan bantuan kepada pra siswa dengan tujuan agar mereka memperoleh pemahaman dunia kerja dan akhirnya mereka mampu menentukan pilihan kerja dan menyusun perencanaan karir. Langkah-langkah penelitian yang pertama menentukan lokasi penelitian yaitu di SLBN A Kota Bandung. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode penelitian kualitatif, yaitu menggambarkan secara sistematis dan akurat mengenai fenomena yang sedang diselidiki. Sedangkan teknik yang diambil dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian melakukan analisis terhadap data yang telah diperoleh. Hasil penelitian ini menunjukan dalam program bimbingan karirnya terencana, tersusun dan sistematis, dalam pelaksanaan bimbingan karir dilakukan dengan dua pendekatan yaitu pendeDatan individual dan pendekatan kelompok, dan hasil yang telah dicapai pada pelaksanaan bimbingan karir itu ada dua yaitu bimbingan karir akademik dan bimbingan karir non akademik. Berdasarkan temuan ini disimpulkan bahwa peran bimbingan karir terhadap siswa tunanetra di SLBN A Kota Bandung di Jl. Padajajaran No.50 Pasirkaliki, Cicendo, Kota Bandung sudah dikatakan cukup berhasil karena Guru BK memberikan layanan bimbingan karir secara optimal. Kata Kunci : Bimbingan Karir, Siswa, Tunanetra.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Karir;Siswa;Tunanetra |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | PKL3 SMKN 8 GARUT |
Date Deposited: | 28 Nov 2023 03:01 |
Last Modified: | 28 Nov 2023 03:01 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73115 |
Actions (login required)
View Item |