Ihsani, Ashri Nur (2017) Pengembangan lembar kegiatan siswa (lks) Berbasis model search solve create and share (sscs) Untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa Pada materi ekosistem (penelitian pada siswa kelas x sman 1 nagreg kab. Bandung). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTARISI)
3_daftarisi.pdf Download (141kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (393kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (327kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (493kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (144kB) |
||
Text (DAFTARPUSTAKA)
8_dartarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (174kB) |
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di SMA, diketahui bahwa pembelajaran biologi di sekolah ini biasa menggunakan sumber belajar seperti buku paket dan LKS yang dibuat oleh guru, tetapi masih kurang dalam menggali keterampilan berpikir kritis siswa. Salah satu cara yang ditempuh untuk mengaktifkan keterampilan berpikir kritis siswa yaitu dengan menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis model Search Solve Create and Share. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui proses pengembangan LKS berbasis model SSCS pada materi ekosistem untuk meningkatan keterampilan berpikir kritis siswa, pada siswa kelas X MIPA di SMAN 1 Nagreg Kab. Bandung. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Uji coba skala kecil dan uji coba skala besar dilakukan di SMAN 1 Nagreg dengan sampel yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Desain uji coba skala besar menggunakan desain one group before-after. Data yang dikumpulkan berupa data kelayakan LKS dari validator ahli, data hasil keterampilan berpikir kritis siswa, dan respon siswa. Hasil persentase kelayakan LKS berbasis SSCS dari validator sebesar 88,12%. LKS mendapat respon positif dari siswa dengan persentase 82,3% pada uji coba skala kecil. Dalam uji coba skala besar nilai N-Gain 0,80 yang berarti derajat kemampuan berpikir kritis siswa dikategorikan tinggi, ketuntasan klasikal 95% pada nilai KKM yang ditetapkan yaitu 70, respon siswa terhadap LKS sebesar 84,5 %. Maka dapat disimpulkan bahwa, pengembangan LKS berbasis Search Solve Create and Share untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem untuk kelas X layak dan dapat diterapkan di sekolah sebagai sumber belajar.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan;model;search |
Subjects: | Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | PKL2 SMKN 8 GARUT |
Date Deposited: | 23 Nov 2023 03:09 |
Last Modified: | 23 Nov 2023 03:09 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73116 |
Actions (login required)
View Item |