Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan (Penelitian Pre-eksperiment Pada Siswa Kelas X Ipa Di Sman 1 Sukawangi-bekasi)

Rahayu, Siti (2017) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan (Penelitian Pre-eksperiment Pada Siswa Kelas X Ipa Di Sman 1 Sukawangi-bekasi). Sarjana thesis, UIN Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
5_bab2.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III)
6_bab3.pdf

Download (245kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB)
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi belum adanya suatu penerapan model pembelajaran dan daya berpikir kritis siswa masih rendah. Oleh karena itu, perlu adanya suatu model pembelajaran yang dapat memberikan konstribusi positif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa setelah pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan proses, keterlaksanaan dan hasil kemampuan berpikir kritis siswa setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Metode yang digunakan adalah pre-eksperiment dengan desain One Group Pretest Posttest yang diterapkan pada siswa kelas X IPA SMAN 1 Sukawangi. Untuk mencapai tujuan peneliti menggunakan lembar validasi, lembar observasi dan hasil kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran menggunakan lembar validasi memperoleh rata-rata presentase 87.5% dan untuk LKS memperoleh rata-rata presentase 100%. Keterlaksanaan aktivitas guru memperoleh rata-rata presentase 93.3% pada kelas eksperimen 1 dan 100% pada kelas eksperimen 2. Kemudian keterlaksanaan aktivitas siswa memperoleh rata-rata 95% pada kelas eksperimen 1 dan 96.6% pada kelas eksperimen 2. Hasil kemampuan berpikir kritis siswa dengan menerapkan model pembelajarann Problem Based Learning (PBL) pada kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2 menunjukan hasil yang baik. Hasil hipotesis uji-t pada kelas eksperimen 1 menunjukan thitung (8.79) > ttabel (2.06) dapat diterima, pada kelas eksperimen 2 menunjukan thitung (5.17) > ttabel (2.06) dapat diterima. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat membantu terhadap hasil kemampuan berpikir kritis siswa secara signifikan pada materi pencemaran lingkungan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning;Kemampuan Berpikir Kritis; Pencemaran Lingkungan
Subjects: Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: PKL5 SMKN 11 GARUT
Date Deposited: 30 Nov 2023 03:35
Last Modified: 30 Nov 2023 03:35
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73119

Actions (login required)

View Item View Item