Implementasi Kebijakan Peraturan Daerah Kota Bandung No. 04 Tahun 2011 Tentang Penataan Dan Pembinaan Pedagang Kaki Lima Di Jalan A.h Nasution Kota Bandung

Wildani, Dimas Ismawan (2017) Implementasi Kebijakan Peraturan Daerah Kota Bandung No. 04 Tahun 2011 Tentang Penataan Dan Pembinaan Pedagang Kaki Lima Di Jalan A.h Nasution Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ADFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (237kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)

Abstract

Kebijakan merupakan suatu cara yang dikeluarkan pemerintah untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi di masyarakat. Kebijakan dilaksanakan di Kabupaten Kota seluruh Indonesia, setiap daerah meyelesaikan kebijakan ini melalui Perda, masing-masing daerah termasuk Kota Bandung menyelesaikan permasalahan melalui Perda No. 4 tahun 2011 tentang penataan dan pembinaan pedagang kaki lima. Perda Kota Bandung No 4 tahun 2011 ini dikeluarkan pemerintah Kota Bandung untuk meyelesaikan permasalahan pedagang kaki lima.Fenomena yang terjadi dalam penelitian awal ini adalah masih banyak ditemukan pedagang kaki lima yang berjualan di Jalan A.H Nasution Kota Bandung, padahal jalan tersebut merupakan jalan yang masuk zona merah dimana pedagang dilarang berjualan di area tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi dan kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan Peraturan Daerah Kota Bandung No. 4 tahun 2011 tentang penataan dan pembinaan pedagang kaki lima di jalan A.H Nasution Kota Bandung. Penelitian ini terdiri dari satu variabel , yaitu implementasi kebijakan. Penulis menggunakan teori George C. Edward III dimana keberhasilan implementasi kebijakan dapat dilihat dari empat indikator yaitu: (1) komunikasi, (2) Sumber Daya, (3) Disposisi, dan (4) Struktur Birokrasi.. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, jenis data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data melaui wawancara, observasi, dan studi pustaka. Informan pada penelitian ini adalah petugas Satpol PP dan pedagang kaki lima. Untuk mengetahui bagaimana implementasi perda ini digunakan langkah-langkah analisis data dari hasil wawancara menurut Miles and Huberman yang terdiri atas tiga tahap yaitu (1) tahap reduksi data, (2) tahap display data, (3) tahap penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil pengolahan data didapat hasil bahwasannya implementasi Perda No 4 tahun 2011 ini belum berjalan maksimal, karena masih banyak ditemukan pedagang yang berjualan di zona larangan berdagang atau zona merah. Penyebabnya karena kurangnya pengawasan yang dilakukan petugas Satpol PP, kurangnya pengawasan disebabkan karena minimnya jumlah petugas Satpol PP, kurangnya komunikasi dan kordinasi dengan pihak terkait dan jauhnya Jalan A.H Nasution dari kantor Satpol PP sehingga menyulitkan pengawasan. Jalan A.H Nasution merupakan jalan yang masuk zona merah menurut Perda No 4 tahun 2011.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Implementation of Policy;Regional Religion;Street Vendors
Subjects: Public Administration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: PKL5 SMKN 11 GARUT
Date Deposited: 30 Nov 2023 04:13
Last Modified: 30 Nov 2023 04:13
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73127

Actions (login required)

View Item View Item