Implementasi pelaksanaan bimbingan perkawinan di Kantor Urusan Agama (KUA) kecamatan Purwakarta untuk menekan angka perceraian dari tahun 2018- 2021

Himtoya, Asep (2023) Implementasi pelaksanaan bimbingan perkawinan di Kantor Urusan Agama (KUA) kecamatan Purwakarta untuk menekan angka perceraian dari tahun 2018- 2021. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER ASEP HIMTOYA 3 BAHASA.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (343kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III OK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (937kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA .pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)

Abstract

Permasalahan calon pengantin sulit mengikuti bimbingan perkawinan karena bekerja, Belum ada kerjasama antara KUA Purwakarta dengan instansi atau perusahaan tempat calon pengantin bekerja, tidak mendapatkan ijin dari pimpinan waktu jam kerja mengikuti bimbingan perkawinan Kesadaran calon pengantin rendah akan pentingnya bimbingan perkawinan. Angka perceraian di Purwakarta Jawa Barat tinggi karena pernikahan dini. belum memiliki pekerjaan. Sudah hamil sebelum menikah, tidak mengikuti bimbingan perkawinan, ekonomi. kesadaran mempertahankan rumah tangga agar tidak bercerai rendah. Emosi. Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) pendidikan rendah Tujuan Penelitian untuk menurunkan angka perceraian di Purwakarta , membimbing membentuk keluarga sakinah mawaddah warohmah. mengenalkan hukum Islam kepada Masyarakat Kerangka Berpikir menyiapkan materi bimbingan perkawinan, melaksanakan bimbingan perkawinan dan menghasilkan keluarga sakinah mawaddah warohmah, sosialisasi hukum islam kepada masyarakat tentang pernikahan dan perceraian. Metode Penelitian. Menggunakan kualitatif hasil penelitian dipaparkan secara narasi bukan statistik. Pengumpulan data dilakukan melalui terjun langsung kelapangan. dokumentasi data peserta calon pengantin dan angka perceraian. Materi bimbingan calon pengantin . Keabsahan data di verifikasi melalui TIM Ahli dan disimpulkan Hasil penelitian membuktikan bahwa bimbingan perkawinan sangat di perlukan oleh calon pengantin. Faktor pendukung dari calon pengantin bersedia mengikuti bimbingan, tersedia sarana prasarana di KUA Purwakarta, materi, nara sumber, anggaran dan mendapatkan manfaat menekan angka perceraian. Faktor kendala iala: waktu dapat dilaksanakan hanya hari Sabtu / libur kerja. Peserta tidak disiplin dan tidak fokus saat bimbingan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Bimbingan Perkawinan; Perceraian;
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Bimbingan Perkawinan BP4
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Hukum Keluarga
Depositing User: Himtoya Asep
Date Deposited: 08 Aug 2023 01:26
Last Modified: 08 Aug 2023 01:26
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73136

Actions (login required)

View Item View Item