Pengaruh return on assets (roa) dan net profit margin (npm) terhadap return saham pada perusahaan Yang listing di jakarta islamic index (jii) (studi di pt indofood sukses makmur tbk Periode 2002-2015)

Anggraeni, Wina (2017) Pengaruh return on assets (roa) dan net profit margin (npm) terhadap return saham pada perusahaan Yang listing di jakarta islamic index (jii) (studi di pt indofood sukses makmur tbk Periode 2002-2015). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTARISI)
3_daftarisi.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (242kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[img] Text (DAFTARPUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)

Abstract

Wina Anggraeni: Pengaruh Return On Assets (ROA) dan Net Profit Margin (NPM) Terhadap Return Saham Pada Perusahaan yang Listing di Jakarta Islamic Index (JII) (Studi di PT Indofood Sukses Makmur Tbk Periode 2002-2015)Pasar modal syariah dimulai sejak munculnya instrumen pasar modal yang menggunakan prinsip syariah. Dengan tidak menyalurkan dana kepada unsur�unsur yang haram, sejauh mana perusahaan mampu mempertahankan kinerja dalam memproduktifkan dananya. Rasio Return On Assets (ROA) dan Net Profit Margin (NPM) merupakan turunan dari nilai instrinsik untuk menentukan nilai sebenarnya dari saham yang menggunakan analisis fundamental. Kedua faktor fundamental tersebut secara teori akan berpengaruh terhadap return saham. Karena investor selalu memperhatikan faktor kinerja perusahaan itu sendiri. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui bagaimana pengaruh Return On Assets (ROA) terhadap return saham di PT Indofood Sukses Makmur Tbk secara parsial, (2) mengetahui bagaimana pengaruh Net Profit Margin (NPM) terhadap return saham di PT Indofood Sukses Makmur Tbk secara parsial, (3) mengetahui bagaimana pengaruh Return On Assets (ROA) dan Net Profit Margin (NPM) terhadap return saham di PT Indofood Sukses Makmur Tbk secara simultan. Kerangka berpikir dalam penelitian ini dalah rasio Return On Assets (ROA) dan Net Profit Margin (NPM) merupakan bagian dari rasio profitabilitas atau rasio keuntungan. Semakin tinggi laba yang diperoleh dari ROA dan NPM, maka semakin banyak investor yang akan menanam dana di perusahaan sehingga akan berlaku hukum permintaan dan penawaran. Semakin banyak permintaan saham, maka harga saham akan naik. Jika harga saham perusahaan naik, maka tingkat pengembalian (return) saham juga akan meningkat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder laporan keuangan tahunan PT Indofood Sukses Makmur Tbk periode 2002-2015. Analisis data yang digunakan antara lain analisis data deskriptif, asosiatif, dan komparatif. Hasil penelitian menunjukan secara parsial nilai koefisien determinasi (R square) pengaruh ROA terhadap Return Saham adalah 0,002 atau 0,2% dan pengaruh NPM terhadap Return Saham adalah 0,0003 atau 0,03% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Kemudian secara simultan nilai koefisien determinasi (R square) pengaruh ROA dan NPM 0,012 atau 1,2% berpengaruh terhadap Return Saham, sedangkan sisanya 98,8% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil akhir diketahui bahwa Fhitung 0,064 dengan tingkat signifikan 0,938%. Artinya, antara Return On Assets (ROA) dan Net Profit Margin (NPM) memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Return Saham. Kata Kunci: Return On Assets (ROA), Net Profit Margin(NPM), return saham

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pengaru;return;on assets
Subjects: General Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: PKL2 SMKN 8 GARUT
Date Deposited: 23 Nov 2023 02:48
Last Modified: 23 Nov 2023 02:48
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73144

Actions (login required)

View Item View Item