Sintesis dan karakterisasi hidroksiapatit dari cangkang telur ayam menggunakan Green Template dari tumbuhan pisang (Musa Acuminata Cavendish)

Amal, Alfi Ikhlasul (2023) Sintesis dan karakterisasi hidroksiapatit dari cangkang telur ayam menggunakan Green Template dari tumbuhan pisang (Musa Acuminata Cavendish). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (224kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (608kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy

Abstract

Hidroksiapatit (HA) adalah biomaterial dengan biokompatibilitas dan kemiripan yang tinggi dengan struktur tulang manusia. Pengaplikasian HA sangat luas salah satunya sebagai scaffold, lapisan implan, dan drug delivery system. Selain disintesis dengan material sintetis, HA juga dapat disintesis dari bahan alam. Cangkang telur dapat menjadi alternatif prekursor Ca dalam sintesis HA karena mengandung CaO sebanyak 97,50% pada hasil kalsinasinya. Kemudian untuk memperbaiki karakteristik materialnya, penambahan template dari ekstrak tumbuhan atau green template dapat membantu menentukan morfologi dan mengatur ukuran nanopartikel. Bagian tumbuhan pisang (bunga, kulit buah, dan pelepah) dipilih karena selain termasuk produk samping pertanian, bagian-bagian ini juga mengandung senyawa fitokimia yang dapat digunakan sebagai template. Pada penelitian ini HA disintesis dengan metode hidrotermal dengan menggunakan CaO hasil kalsinasi cangkang telur, (NH4)2HPO4, dan NH4OH sebagai prekursor sintesisnya. Karakterisasi yang dilakukan yaitu XRD, FTIR, SEM, PSA, dan BET. Hasil karakterisasi menunjukkan HA berhasil disintesis berdasarkan hasil kemiripan puncak HA hasil sintesis dan literatur, serta terbentuknya gugus fungsi khas penyusun HA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan konsentrasi template mengoptimalkan karakteristik HA. Penambahan konsentrasi dapat memperkecil ukuran kristal dan meningkatkan derajat kristalinitas, dapat membentuk morfologi nanorods yang lebih pendek dari konsentrasi sebelumnya, serta dapat memperkecil ukuran partikel. Adapun template kulit buah pisang adalah template yang memberikan performa terbaik dilihat dari ukuran kristal yang paling rendah (nanokristal) dan derajat kristalinitas yang paling tinggi (murni), dan membentuk ukuran partikel yang paling kecil (nanopartikel) dengan morfologi nanorods. Pada sampel paling optimum (NHA K15) kurva isoterm fisisorpsi yang dihasilkan adalah tipe IV yang artinya sampel ini memiliki diameter pori yang tergolong mesopori yaitu 6,9157 nm dengan luas permukaan dan volume pori berturut-turut 0,1111 cm3 /g dan 32,1403 m2 /g.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: cangkang telur ayam; green template; hidrotermal; hidroksiapatit; tumbuhan pisang;
Subjects: Inorganic Chemistry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Kimia
Depositing User: Alfi Ikhlasul Amal
Date Deposited: 08 Aug 2023 02:30
Last Modified: 08 Aug 2023 02:30
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73150

Actions (login required)

View Item View Item