Bimbingan Pra Nikah Untuk Kesiapan Mental Calon Pasangan Suami Istri (Penelitian Di Kantor Urusan Agama Kecamatan Panyileukan Kota Bandung)

Firdaus, Muhammad Fikri (2016) Bimbingan Pra Nikah Untuk Kesiapan Mental Calon Pasangan Suami Istri (Penelitian Di Kantor Urusan Agama Kecamatan Panyileukan Kota Bandung). Sarjana thesis, UIN Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (197kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)

Abstract

Pernikahan yang harmonis dibangun berlandaskan tuntunan syariat islam, dimana ada hak dan kewajiban suami-istri yang harus di penuhi, pembinaandalam suasan damai tentram dan rasa kasih sayang antar suami isteri, memilikianak sebagai keturunan dari hasil pernikahan yang sah untuk dididik dengan baik.Namun kurangnya pembekalan tentang pernikahan dan persiapan mental jugafisik, yang kurang matang dari calon pasangan suami isteri menyebabkan banyaknya konflik-konflik dalam rumah tangga. Dari masalah yang kecil-kecilsampai masalah yang berujung perceraian. Adakalanya pasangan suami istri itubelum menyadari sepenuhnya peranan dan fungsi masing-masing dalam pernikahan. Maka diperlukannya bimbingan pranikah untuk mempersiapkanmental calon pasangan suami istri. Bimbingan tersebut haruslah dilakukan olehseorang yang berkopete dalam bidang pernikahan, dengan menggunakan metode,materi, dan media bimbingan yang sesuai dengan kebutuhan klien. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pelaksanaan bimbingan pranikah, metode yang digunakan, dan hasil pelaksanaan bimbingan pranikahdalam mempersiapkan mental calon pasangan suami istri.Penelitian ini berangkat dari kurangnya pengetahuan atau pembekalan calon pasangan suami istri tentang bagaimana mempersiapkan mental menjelang pernikahan. Hal tersebut harus diberikan bimbingan yang tepat. Dengan demikianbimbingan pranikah ini bimbingan kepada calon pasangan suami istri denganmelibatkan unsur-unsurnya secara bertahap sebagai proses dalam mempersiapkan mental pasangan suami istri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah motede deskriftifkualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan secara sistematis fakta atau subjek penelitian secara cermat. Sedangkan tehnik pengumpulan data penelitianini dengan menggunakan pengumpulan data primer, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa bimbingan pranikah memilikiimplementasi positif dalam mempersiapkan mental calon pasangan suami istri, haltersebut terlihat dari hasil pelaksanaan bimbingan pranikah , calon pasangan suami istri yang telah mengikuti kegiatan bimbingan di KUA kecamatanPanyileukan dapat mencapai sebagian besar tujuan dari bimbingan pranikah.Setiap unsur yang terlibat dalam bimbingan pranikah memiliki peran dan fungsi masing-masing guna tercapainya hasil pelaksanaan kegiatan bimbingan yangmaksimal. pembimbing berfungsi sebagi fasilitator bagi klien, materi berfungsisebagai pedoman dan informasi, metode berfungsi untuk memudahkan angkahbimbingan dan waktu berfungsi untuk menunjukan keadaan klien sebelum dansesudah mengikuti bimbingan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pranikah;mental;pasangan
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Bimbingan Perkawinan BP4
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: PKL5 SMKN 11 GARUT
Date Deposited: 30 Nov 2023 02:05
Last Modified: 30 Nov 2023 02:05
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73166

Actions (login required)

View Item View Item