Penerapan Model Pembelajaran Predict, Observe, Explain (Poe) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Suhu Dan Kalor (Penelitian Pre-eksperimen Di Kelas Xi Mia 1 Sma Pulosari Tahun Ajaran 2017/2018)

Azzahra, Benazir Nadhifa (2017) Penerapan Model Pembelajaran Predict, Observe, Explain (Poe) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Suhu Dan Kalor (Penelitian Pre-eksperimen Di Kelas Xi Mia 1 Sma Pulosari Tahun Ajaran 2017/2018). Sarjana thesis, UIN Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (358kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari proses pembelajaran yang belum menjadikan peserta didik sebagai pembelajar yang aktif hal ini mengakibatkan rendahnya rata-rata hasil belajar pada materi suhu dan kalor yang masih di bawah KKM. Salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Predict Observe Explain (POE). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model POE pada materi suhu dan kalor serta peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi suhu dan kalor. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah pre eksperimen, dengan desain one grup pretest-posttest design. Pengambilan sampel ini menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 34 orang peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata seluruh pertemuan aktivitas guru dan peserta didik adalah sama sebesar 76% termasuk pada kategori baik. Selain itu terdapat peningkatan rata-rata hasil belajar afektif sebesar 79% berkategori baik, peningkatan ranah psikomotorik berkategori baik dengan rata-rata sebesar 76%,serta peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik dengan rata-rata nilai N-Gain sebesar 0.55 berkategori sedang, sementara Hasil penelitian dibuktikan dari nilai uji wilcoxon match pair test dengan taraf kesalahan 5% diperoleh data yang menunjukkan bahwa Zhitung (5,12) > Ztabel (1,65), yang berarti terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik setelah menggunakan model pembelajaran POE.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Predict Observe Explain (POE);hasil belajar;suhu dan kalor
Subjects: Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: PKL5 SMKN 11 GARUT
Date Deposited: 30 Nov 2023 03:43
Last Modified: 30 Nov 2023 03:43
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73172

Actions (login required)

View Item View Item