pemhaman mahasiswi Univeersitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati terhadap simbolisme hijab (Penelitian di Fakultas Ushuludin Mahasiswi Angkatan Tahun 2014-2015 Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)

Handayani, Fitri (2017) pemhaman mahasiswi Univeersitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati terhadap simbolisme hijab (Penelitian di Fakultas Ushuludin Mahasiswi Angkatan Tahun 2014-2015 Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (301kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)

Abstract

Indonesia merupakan Negara dengan mayoritas masyarakat beragama islam. Ajaran Islam mewajibkan perempuan untuk menutup aurat. Dalam menutup aurat ini, perempuan muslim di haruskan menggunakan hijab untuk menutupi seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan. Penggunaan hijab pada masa ini,disalah artikan oleh sebagian perempuan muslim yaitu dengan menggunakan kata hijab sebagai nama modern dari kerudung. Hijab pada masa sekarang ini juga dipadupadankan dengan pakaian yang ketat dan membentuk tubuh serta tembus pandang (menerawang).Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman mahasiswi Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung terhadap hijab dan untuk mengetahui pemahaman mahasiswi Fakultas Ushuluddin terhadap keharusan memakai hijab.Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif-analisis dengan pendekatan fenomenologis. dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang bersifat primer dilakukan dengan cara observasi langsung serta wawancara.Sedangkan untuk data yang bersifat sekunder yaitu berupa buku-buku, artikel,jurnal dan bahan-bahan lainnya yang berhubungan dengan tema penelitian. Teori yang di gunakan pada penelitian ini adalah teori disiplin tubuh. Sebagaimana Michel Foucault mengatakan bahwa disiplin merupakan semacam formula general untuk menundukkan tubuh-tubuh masyarakat, suatu teknologi untuk menormalisasi kehidupan dan untuk menetralisir ekspresi-ekspresi lahiriah masyarakat yang dianggap berbahaya.Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa, pertama, pemahaman mahasiswi Fakultas Ushuluddin terhadap hijab yaitu bahwa hijab merupakan penutup aurat bagi perempuan muslim, hijab untuk mencegah dan mengurangi dari kejahatan dan kedzaliman dari laki-laki yang bukan mahromnya. Bagi sebagian mahasiswi Fakultas Ushuluddin, hijab sebagai penutup rambut dan tubuh merupakan hukum sunat karena pemahaman setiap perempuan terhadap hijab berbeda-beda. Kedua,pemahaman mahasiswi Fakultas Ushuluddin terhadap keharusan memakai hijab yaitu bahwa hijab harus digunakan sebagai pelindung perempuan muslim, hijab merupakan simbol identitas perempuan muslim, bukti ketaatan dan kecintaan perempuan muslim terhadap apa-apa yang diwajibkan oleh pencipta-Nya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pemahaman mahasiswi,terhadap simbolisme hijab
Subjects: Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Aqidah Filsafat
Depositing User: PKL5 SMKN 11 GARUT
Date Deposited: 02 Oct 2023 02:40
Last Modified: 02 Oct 2023 02:40
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73183

Actions (login required)

View Item View Item