Pengaruh bahan pengisi silika dari ampas tebu (Saccharum Officinarum) terhadap bioplastik berbasis pati kulit singkong (Manihot Esculenta) dan gliserol

Rahmawati, Aura Siti (2023) Pengaruh bahan pengisi silika dari ampas tebu (Saccharum Officinarum) terhadap bioplastik berbasis pati kulit singkong (Manihot Esculenta) dan gliserol. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (34kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (20kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)

Abstract

Limbah plastik menjadi permasalahan bagi lingkungan karena membutuhkan waktu ratusan tahun untuk terdegradasi sehingga menyebabkan pencemaran. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk mengganti plastik menjadi bioplastik yang ramah lingkungan dan biodegradable. Bahan baku bioplastik dapat berasal dari limbah kulit singkong sebagai pati dan penambahan gliserol sebagai plasticizer. Namun, bioplastik dari bahan pati masih memiliki sifat mekanik dan sifat fisik yang rendah. Maka dari itu, diperlukan bahan pengisi seperti silika dari ampas tebu yang diharapkan dapat memperbaiki sifat fisik dan mekanik bioplastik. Tujuan dari penelitian ini adalah memperbaiki sifat fisik, sifat mekanik, dan kemampuan biodegradasi yang efektif pada bioplastik melalui penambahan filler silika dari ampas tebu pada bioplastik berbasis pati kulit singkong. Penelitian ini terdiri dari preparasi pati kulit singkong, isolasi silika ampas tebu, dan pembuatan bioplastik dengan variasi massa silika 0; 0,5; 1; 1,5 gram. Bioplastik yang dihasilkan dikarakterisasi sifat fisik, sifat mekanik, morfologi dengan SEM, dan kemampuan degradasinya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan silika mempengaruhi karakteristik bioplastik. Semakin tinggi massa silika semakin meningkatkan ketebalan dan ketahanan air. Bioplastik dengan nilai kuat tarik tertinggi diperoleh pada massa silika 0,5 gram yakni 3,43 MPa. Bioplastik dengan komposisi terbaik pada sifat fisik yakni massa silika 1,5 gram dengan nilai ketahanan air sebesar 80,43% dan kadar air 1,87%. Analisis morfologi SEM pada nilai kuat tarik tertinggi, yakni massa silika 0,5 gram menunjukkan ketidakhomogenan pada bioplastik. Sedangkan pada pengujian biodegradasi, komposisi terbaik pada massa silika 1,5 gram yakni terdegradasi sempurna selama 58 hari.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: biodegradasi; bioplastik; karakteristik; pati kulit singkong; silika ampas tebu;
Subjects: Analytical Chemistry > Qualitative Analysis, Quantitavie Analysis of Chemistry
Ecology > Environmental Chemistry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Kimia
Depositing User: Aura Siti Rahmawati
Date Deposited: 08 Aug 2023 04:47
Last Modified: 08 Aug 2023 04:48
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73186

Actions (login required)

View Item View Item