Peran pemimpin Pondok Pesantren dalam upaya meningkatkan life skill santri (Study deskriptif di Pondok Pesantren Nurul Amanah Jl. Sumbersari, No. 101 Cisaranten Kulon Arcamanik Bandung 40293)

Saadillah, Bayu (2017) Peran pemimpin Pondok Pesantren dalam upaya meningkatkan life skill santri (Study deskriptif di Pondok Pesantren Nurul Amanah Jl. Sumbersari, No. 101 Cisaranten Kulon Arcamanik Bandung 40293). Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (404kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)

Abstract

Saat ini masih banyak terdapat pondok pesantren yang hanya berorientasi pada kepentingan jangka pendek saja, yaitu sebagai tempat tinggal setelah mengaji. konsekuensinya banyak dijumpai santri setelah keluar dari pondok belum siap untuk terjun kembali kepada masyarakat karena kurangnya memperoleh life skill sebagai bekal masa depannya. Maka dari itu pemimpin pondok pesantren mempunyai tanggungjawab untuk meningkatkan life skill santri,agar santri serba bisa dan tidak bingung untuk menghadapi perkembangan dizaman sekarang ini. Peran adalah suatu perbuatan seseorang dengan cara tertentu dalam usaha menjalankan hak dan kewajiban sesuai dengan status yang dimilikinya, pemimpin adalah seorang yang mempunyai wewenang untuk memerintah orang lain, yang di dalam pekerjaannhya untuk mencapai tujuan organisasi memerlukan bantuan orang lain. Life skill adalah kecakapan yang dimiliki seseorang untuk mau dan berani menghadapi problem kehidupan dan kehidupan secara wajar tanpa merasa tekanan. Tujuan dari penelitian ini: Pertama; untuk mengetahui kebijakan pemimpin pondok pesantren Nurul Amanah dalam upaya meningkatkan life skill santri. Kedua; untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan life skill santri yang ada di pondok pesantren Nurul Amanah. Ketiga; untuk mengetahui pengawasan pemimpin pondok pesantren Nurul Amanah tehadap pelaksanaan kegiatan life skill santri.Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif yang menggunakan metode deskriptif karena tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan atau memaparkan penjelasan tentang peran pemimpin pondok pesantren Nurul Amanah dalam upaya meningkatkan life skill santri. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan proses megumpulkan data, diklasifikasikan menurut jenisnya masing-masing serta hubungkan data satu dengan data yang lain, di analisis dan terakhir menarik kesimpulan. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa pemimpin pondok pesantren Nurul Amanah dengan kedudukannya sebagai pemimpin bagi santrinya maka ia mempunyai tanggungjawab untuk menjalankan peranannya sebagai pemimpin. Peran tersebut, yaitu merancanakan, memandang kedepan, mengambil keputusan, pengembangan loyalitas, pengawasan terhadap pelaksanaan, dan memberi anugrah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: peran; skil; deskripsif
Subjects: Islam > Da'wah
Elementary Education > Language Skills for Elementary Education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: PKL6 SMKN 11 GARUT
Date Deposited: 14 Aug 2023 08:01
Last Modified: 14 Aug 2023 08:01
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73210

Actions (login required)

View Item View Item