Perceraian akibat Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) melalui penerapan UU no. 23 tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga di Kabupaten Purwakarta

Musadad, Mumu (2023) Perceraian akibat Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) melalui penerapan UU no. 23 tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga di Kabupaten Purwakarta. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER .pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI .pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1 .pdf

Download (545kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB 2 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (847kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (759kB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA .pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)

Abstract

Tesis ini bertujuan untuk mengetahui Perceraian Akibat Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) Melalui Penerapan UU NO 23 Tahun 2004 Tentang Penghapusan Kekerasan Rumah Tangga di Kabupaten Purwakarta, penyebab perceraian dan bagaimanakah implementasi penanganan perceraian bagi masyarakat muslim di Kabupaten Purwakarta. Penelitian ini dikatagorikan pada penelitian kualitatif dan termasuk metode penelitian Normatif dan Empiris. Penelitan normatif yaitu dengan mempelajari data berupa buku-buku dan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan masalah yang dibahas dan penelitian empiris yang diperoleh dari hasil lapangan. Adapun penelitian kualitatif yaitu suatu metode yang bersifat atau memiliki data yang dinyatakan dalam keadan yang sewajarnya atau sebagaiman adanya (natural setting) dengan tidak dirubah dalam bentuk simbol-simbol atau bilangan. Melalui penelitian ini penulis ingin melihat data dari sumber primernya, yaitu data-data yang melakukan kekerasan dalam Rumah tangga baik dari kekeraan fisik, kekerasan psikis, kekerasan seksual, dan penelantaran rumah tangga berdasarkan penemuan dilapangan. Sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Sosial Legal Approach, yaitu penelitian yang terfokus pada gejala-gejala sosial dan hukum dalam masyarakat. Hasil penelitian yang di peroleh yaitu Penyebab perceraian di Kabupaten Purwakarta meningkat disebebkan karena terjadinya miss hubungan, sebagaimana dengan teori yang di gunakan adalah kurangnya perhatian kepada pasangan, perbedaan pengetahuan pendidikan, dan kurangnya saling mengenal suami istri baik kekuangan dan kelebihannya masing-masing sehingga selalu menuntut dan tidak adanya evaluasi diri satu sama lain. KDRT di Kabupaten Purwakarta ialah kekerasan fisik, kekerasan psikogis, seksual dan ekonomi. seperti kasus yang diteliti dimaki dan dipukul, adapun kasus lain di ludahi suami karena memiliki sifat yang sama-sama keras dan tidak adanya yang mengalah satu sama lain. Kekerasan psikologis dan emosi diantaranya adalah traumatis yang dialami korban karena tindakan kekerasan lainnya. Kekerasan ekonomi di Purwakarta penyebab utama dalam gugat cerai yang di terjadi di Purwakarta. Penanganan perceraian dengan alasan KDRT menggunakan UU NO. 23 Tahun 2004 di Pengadilan Agama Kabupaten Purwakarta ialah melakukan tawaran mediasi kepada kedua bela pihak pasangan dan secara optimal perkara agar selesai baik secara pengadilan agama maupun secara hukum pidana dan acara. Implementasi penanganan perceraian di masyarakat Kabupaten Purwakarta mengajarkan kepada masyarakat bahwa hakikat pernikahan kembalikan kepada tujuan senyempurnakan sebagian agama di jalan Allah dan mencari keberkahanya, , serta belajar prosedur yang ada di Pengadilan Agama.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Penanganan; Cerai Gugat; Masyarakat Muslim; UU NO 23 Tahun 2004
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Hukum Keluarga dan Hukum Perkawinan, Pernikahan menurut Islam
Private Law
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Hukum Keluarga
Depositing User: mumu Musadad
Date Deposited: 08 Aug 2023 08:03
Last Modified: 08 Aug 2023 08:03
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73228

Actions (login required)

View Item View Item