Pemberdayaan masyarakat pesisir melalui pariwisata di Desa Pananjung Kecamatan Pangandaran: Studi deskriptif di Dinas Pariwisata Kabupaten Pangandaran

Bahtiar, Bayu (2017) Pemberdayaan masyarakat pesisir melalui pariwisata di Desa Pananjung Kecamatan Pangandaran: Studi deskriptif di Dinas Pariwisata Kabupaten Pangandaran. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (405kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (709kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)

Abstract

Tersedianya objek wisata di suatu daerah merupakan peluang bagi masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidupnya. Desa Pananjung adalah wilayah yang terletak di Kecamatan Pangandaran, sebuah desa yang memiliki objek wisata pantai dan cagar alam. Meski telah tersedia objek wisata, terdapat masih kurangnya pengoptimalan dalam pemanfaatan oleh beberapa warga.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlibatan masyarakat dalam pengembangan pariwisata, pemberdayaan masyarakat, pengembangan sektor pariwisata sebagai upaya pemberdayaan masyarakat oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Pangandaran.Teori dalam penelitian ini menggunakan Teori Pemberdayaan dari Chatarina Rusmiati, bahwa pemberdayaan adalah proses menjadikan orang cukup kuat untuk berpartisipasi terhadap kejadian-kejadian serta lembaga yang mempengaruhi kehidupannya.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data dari penelitian ini, meliputi anggota Dinas Pariwisata Kabupaten Pangandaran dan masyarakat. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis dalam penelitian ini, Penulis menggunakan tafsir logika dalam konteks dan keilmuan Pengembangan Masyarakat Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Keterlibatan masyarakat Desa Pananjung dalam pengembangan pariwisata ditandai oleh adanya kesadaran untuk merawat lokasi wisata, mampu memanfaatkan pariwisata sebagai aset pendapatan, dan kecermatan masyarakat dalam menciptakan usaha. (2) Kontribusi yang dilakukan Dinas Pariwisata Kabupaten Pangandaran dalam mengembangkan objek wisata sebagai usaha memberdayakan masyarakat ditandai oleh pembentukan kelompok penggerak pariwisata, pelatihan guide, pembangunan kawasan wisata rekreasi terpadu dan bertanggung jawab, dan peningkatan kualitas aktivitas wisatawan di kawasan pantai pangandaran. 3) Pengembangan sektor pariwisata sebagai upaya pemberdayaan ditandai oleh pengembangan infrastruktur, fasilitas, dan rekreasi, meningkatkan potensi masyarakat melalui dibentuknya kelompok penggerak wisata, memberikan lapangan kerja, dan mendorong masyarakat untuk berwirausaha. Penulis dapat memberikan sebuah kesimpulan bahwa Pemberdayaan Masyarakat Pesisir Melalui Pariwisata di Desa Pananjung Kecamatan Pangandaran relatif berhasil.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pemberdayaan masyarakat; masyarakat pesisir; pariwisata
Subjects: Knowledge > Descriptive and Experimental Methods
Islam
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Kimia
Depositing User: PKL5 SMKN 11 GARUT
Date Deposited: 15 Aug 2023 06:43
Last Modified: 16 Aug 2023 01:07
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73229

Actions (login required)

View Item View Item