Pengaruh Debt to Asset Ratio (DAR) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Return On Assets (ROA) pada perusahaan sektor teknologi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2021

Rizqi, Gina Miptahul (2023) Pengaruh Debt to Asset Ratio (DAR) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Return On Assets (ROA) pada perusahaan sektor teknologi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (197kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah terdapat pengaruh Debt To Asset Ratio dan Debt To Equity Ratio terhadap Return On Assets pada perusahaan sektor teknologi yang terdaftar di BEI. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari Debt to Asset Ratio (DAR) dan Debt to Equity Ratio (DER) secara signifikan terhadap Return on Asset (ROA) pada perusahaan pertanian yang terdaftar di BEI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan dari Debt to Asset Ratio (DAR) dan Debt to Equity Ratio (DER) secara signifikan terhadap Retrun on Asset (ROA) pada perusahaan sektor teknologi yang terdaftar di bursa efek indonesia. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data sekunder dilakukan dengan memperoleh data secara tidak langsung yang berupa laporan keuangan perusahaan yang dipublikasikan melalui BEI selama periode 2017 - 2021. Teknik Analisis Data Penelitian menggunakan Analisis Deskriptif, Pengujian Model Regresi Data Panel, Analisis Regresi Data Panel, Analisis Uji Hipotesis, dan Analisis Determinasi dengan menggunakan program EViews versi 12. Peneltian ini menunjukan bahwa DAR berpengaruh positif dan signifikan terhadap ROA, dan DER tidak berpengaruh terhadap ROA pada perusahaan sektor teknologi yang terdaftar di bursa efek indonesia. Besaran persentase pengaruh secara keseluruhan menggunakan uji koefisien determinasi adalah sebesar 20,84% dan sisanya 79,16% merupakan faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti, dengan demikian hubungan antar variabel yang ada pada penelitian ini memiliki tingkat hubungan cukup tinggi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Debt To Asset Ratio (DAR); Debt To Equity Ratio (DER); Return On Asset (ROA).
Subjects: Financial Economics, Finance
Manufacturing > Data Processing and Analysis of Manufacturing
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Gina Miptahul Rizqi
Date Deposited: 09 Aug 2023 01:08
Last Modified: 09 Aug 2023 01:08
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73261

Actions (login required)

View Item View Item