Analisis kemampuan menghafal Al-Qur'an surat Al-Insyirah pada siswa kelas IV MI

Rita, Neng (2020) Analisis kemampuan menghafal Al-Qur'an surat Al-Insyirah pada siswa kelas IV MI. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (376kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (585kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (761kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA : Al-Qur’an merupakan kalam Allah yang murni kebenaran-Nya yang menjadikan pedoman hidup bagi umat manusia. Sebagai umat Islam wajib untuk menjaga Al-Qur’an yaitu salah satunya menjaga Al-Qur’an adalah dengan cara menghafalkannya. Begitu juga pada siswa kelas IV MI Al-Mufassir mewajibkan peserta didik untuk menghafal Al-Qur’an. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kemampuan menghafal surat pendek pada siswa kelas IV MI. Dengan adanya program menghafal Al-Qur’an di MI Al-Mufassir yaitu ingin mencetak peserta didik yang memiliki kemampuan menghafal Al-Qur’an, berjiwa qur’ani dan berakhlakul karimah. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) untuk mengetahui kelancaran menghafal surat pendek siswa kelas IV MI, 2) untuk mengetahui kaidah ilmu tajwid pada hafalan surat pendek siswa kelas IV MI, 3) untuk mengetahui fashih bacaan surat pendek siswa kelas IV MI. Pada penelitian ini membahas tentang pengertian menghafal Al-Qur’an, tujuan menghafal Al-Qur’an, metode menghafal Al-Qur’an, dan kemampuan menghafal surat pendek pada siswa kelas IV MI. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif untuk menjabarkan hasil data atau informasi berupa kata atau kalimat. Jenis penelitian ini bersifat studi kasus karena peneliti menlihat langsung permasalahan yang ada pada tempat atau lokasi tersebut. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, tes hafalan surat pendek, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan pengumpulan data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa kelas IV MI dapat peneliti deskripsikan sebagai berikut: 1) bahwa peserta didik kelas IV MI Al-Mufassir memiliki hafalan yang kuat sehingga menghasilkan bahwa peserta didik dapat menghafal surat pendek secara sangat lancar, 2) bahwa peserta didik kelas IV MI Al-Mufassir memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam mengaplikasikan huruf sesuai dengan kaidah ilmu tajwid sehingga peserta didik cukup lengkap mengetahui tentang ilmu tajwid, 3) peserta didik mampu membaca Al-Qur’an secara fashih sehingga bacaan Al-Qur’an dibaca secara sempurna, untuk dikalangan anak MI. Sehingga peserta didik kelas IV dapat membaca surat pendek cukup fashih. ENGLISH : The Qur'an is the pure god of His righteousness that makes the guide to life for mankind. As Muslims it is obligatory to keep the Qur'an which is one of keeping the Qur'an is by memorizing it. Similarly, students in grade IV mi Al-Mufassir require students to memorize the Qur'an. This research was motivated by the ability to memorize short letters in grade 4 MI students. With the program of memorizing the Qur'an in MI Al-Mufassir that is to print students who have the ability to memorize the Qur'an, spirited qur'ani and berakhlakul karimah. The purpose of this study is: 1) to find out the smooth memorization of short letters of students in grade IV MI, 2) to know the rules of science tajwid on memorization of short letters of students in grade IV MI, 3) to find out the reading fashih short letters of students in grade IV MI. In this study discussed about the meaning of memorizing the Qur'an, the purpose of memorizing the Qur'an, the method of memorizing the Qur'an, and the ability to memorize short letters in grade 4 mi students. The method used in this research uses descriptive qualitative research method to describe the results of data or information in the form of words or sentences. This type of research is a case study because researchers see firsthand the problems that exist in the place or location. Data collection techniques in the form of interviews, short letter memorization tests, and documentation. Data is analyzed by data collection, data presentation, and conclusion. The results of this study showed that the ability to memorize the Qur'an of students in grade IV MI can be described as follows: 1) that students of grade IV MI Al-Mufassir have a strong memorization so that it results that students can memorize short letters very smoothly, 2) that students of grade IV MI Al-Mufassir have knowledge and ability in applying letters in accordance with the rules of science tajwid so that students are complete enough to know about the science of tajwid , 3) learners are able to read the Qur'an in fashih so that the reading of the Qur'an is read perfectly, for the children of MI. So that students in grade IV can read short letters quite fashih.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Menghafal Al-Qur'an surat Al-Insyirah
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kumpulan Ayat-ayat dan Surat-surat Tertentu dalam Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: neng rita neng rita
Date Deposited: 09 Aug 2023 07:25
Last Modified: 09 Aug 2023 07:25
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73282

Actions (login required)

View Item View Item