Analisis terhadap pasal 55-59 kompilasi Hukum Islam tentang Poligami perspektif pemberdayaan perempuan dan kesetaraan Gender

Iskandar, Tb Ma'sum (2023) Analisis terhadap pasal 55-59 kompilasi Hukum Islam tentang Poligami perspektif pemberdayaan perempuan dan kesetaraan Gender. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
01_ Cover.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
01_ Abstrak.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (376kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)

Abstract

Penelitian ini diawali oleh pernyataan bahwa relevansi ketentuan berpoligami dalam Undang-Undang Perkawinan No.1 Tahun 1974 dan Kompilasi Hukum Islam memang belum sepenuhnya sejalan dengan substansi atau nash kebolehan poligami dalam Islam tetapi sudah mengarah pada dasar QS. An-Nisa: (3) dengan prinsip keadilan, menciptakan kemaslahatan dan mencegah kemudharatan atau kerusakan. Akan tetapi, tidak sedikit pihak yang melihat pembolehan poligami sebagai salah satu bentuk dikriminasi terhadap wanita. Dengan dalih hak asasi beralasan kesetaraan dan persamaan hak, para praktisi HAM melihat poligami sebagai hal yang melanggar asas kesetaraan antara laki-laki dan perempuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaturan poligami dalam Kompilasi Hukum Islam pasal 55-59 kaitannya dengan pemberdayaan perempuan, penerapan pasal 55-59 KHI dalam perkara poligami dengan banyaknya kasus kekerasan dalam rumah tangga akibat poligami kaitanya dengan kesetaraan gender, filosofis, yuridis dan sosiologis terhadap Pasal 55-59 Kompilasi Hukum Islam tentang poligami perspektif pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan 3 (tiga) teori sebagai pisau analisis dalam pemecahan masalah ini. Teori pertama (Grand Teory) yaitu teori Negara Hukum, teori kedua (Middle Teory) yaitu teori Perlindungan Hukum, dan teori ketiga (Aplicative Teory) dengan menggunakan teori Penegakan/Penerapan Hukum HAM. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian hukum normatif. Penelitian hukum normatif adalah penelitian hukum kepustakaan disebut juga penelitian hukum doktrinal, yaitu penelitian hukum yang mempergunakan data sekunder, dan menggunakan metode deskriptif analitis Hasil Penelitian Menunjukan bahwa: Pertama, Pengaturan Poligami dalam Kompilasi Hukum Islam Pasal 55-59 pada intinya membolehkan, akan tetapi dengan syarat-syarat tertentu, diantaranya harus mendapat izin dari isteri pertama dan disahkan oleh Pengadilan Agama. Kedua, Pada prakteknaya penerapan pasal 55-59 KHI membolehkan poligami akan tetapi Pada prakteknaya kebanyakan masyarakat yang berpoligami tidak menempuh jalur sesuai Kompilasi Hukum Islam, sehingga banyaknya kasus kekerasan dalam rumah tangga, Hal ini sangat banyak merugikan pihak perempuan akan kesewenang-wenangan suami. Ketiga, Secara filosofis hukum dibentuk untuk tujuan-tujuan tertentu, maka proses antara cara untuk mencapai tujuan dan melihat tujuan yang diinginkan akan melahirkan politik hukum. Analisis Yuridis pengaturan poligami menurut Hukum Islam dan Undang- Undang Perkawinan tidak melarang poligami, Akan tetapi dengan persyaratan tertentu. Secara sosiologis KHI Pasal 55-59 tentang poligami merupakan social control terhadap masyarakat yang akan berpoligami.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Poligami; Pemberdayaan Perempuan; Kesetaraan Gender
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Hukum Keluarga dan Hukum Perkawinan, Pernikahan menurut Islam
Private Law > Domestic Relations, Family Law, Marriage
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Hukum Keluarga
Depositing User: Ma'sum Tb. Ma'sum Iskandar
Date Deposited: 09 Aug 2023 02:17
Last Modified: 09 Aug 2023 02:17
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73295

Actions (login required)

View Item View Item