Tawassul dalam Al-Quran: Studi komparatif penafsiran ayat-ayat tentang Tawassul dalam tafsir Al-Alusi dan tafsir Ibnu Katsir

Abdul, Fahmi Aziz (2017) Tawassul dalam Al-Quran: Studi komparatif penafsiran ayat-ayat tentang Tawassul dalam tafsir Al-Alusi dan tafsir Ibnu Katsir. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (810kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (813kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (816kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (818kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)

Abstract

Alquran merupakan pedoman hidup bagi umat islam. Semua landasan berbagai hukum terdapat di dalamnya guna menyelesaikan berbagai masalah. Di dalamnya mengandung berbagai ajaran-ajaran umat manusia.Di dalam Alquran juga telah banyak dicontohkan berbagai macam bentuk do’a agar lebih mendekatkan diri kita dengan yang maha kuasa. Tawassul merupakan suatu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. pentingnya bertawassul juga untuk memperoleh rahmat dan hidayah dari Allah. Bahkan para ulama madzhab empat telah bersepakat tentang boleh bertawasssul dengan Rasulallah, baik sewaktu beliau hidup maupun setelah wafat. Jumhur ulama membolehkan bertawassul kepada Nabi saw dan orang saleh yang masih hidup. Namun ada juga sebagian ulama yang bahkan menganjurkan bertawassul kepada Nabi saw maupun orang saleh yang telah wafat. Meskipun sudah ada dalil yang memperbolehkan bertawassul masih banyak masyarakat yang mempertikaikan perihal tawassul, ada yang berpendapat boleh melaksanakan tawassul ada juga yang menghukuminya haram, karena dianggap meminta kepada sesama makhluk.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penafsiran Al-Alusi dan Ibnu Katsir mengenai ayat-ayat tentang tawassul, kegunaan penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan yang berkaitan dengan kajian-kajian Alquran, khususnya bagi mahasiswa jurusan Ilmu Alquran dan Tafsir dan umumnya untuk seluruh lapisan masyarakat yang berminat mendalami keilmuan Alquran.Jenis penelitian ini adalah library research atau penelitian kepustakaan, Objek kajiannya adalah ayat-ayat tentang tawassul, adapun sumber data yang penulis gunakan adalah sumber primer dan sumber sekunder. Sumber primer yang digunakan adalah Alquran dan kitab tafsir Ruhul ma’ani Al-Alusi dan kitab tafsir Al-Quran Al-Azhim karya Ibnu Katsir. Sedangkan sumber sekunder yaitu buku-buku, jurnal, artikel yang berkaitan dengan penelitian ini. Sebelum menuju penelitian yang terkait penulis menghimpun dahulu ayat-ayat yang berkaitandengan tawassul, kemudian menerapkan metode deskriptif analisis, yaitu mengurai pemikiran Al-Alusi dan Ibnu Katsir tentang ayat-ayat yang telah dihimpun sesuai tema persoalan yang telah dirumuskan.Dilihat dari penafsiran Al-Alusi dan Ibnu Katsir terdapat beberapa perbedaan pendapat mengenai ayat-ayat yang berkaitan dengan tawassul. Al-Alusi berpendapat bahwa tawassul ialah suatu perbuatan mendekatkan diri kepada Allah dengan ketaatan dan dengan meninggalkan perbuatan maksiat, Al-Alusi juga membolehkan bertawassul dengan kebesaran nabi. Sementara Ibnu Katsir berpendapat bahwa tawassul ialah sebuah sarana yang dapat mengantarkan pada pencapaian tujuan. Ibnu katsir juga memaknai tawassul atau wasilah dengan alam (nama tempat) yang berada paling tinggi di surga, yang merupakan kedudukan dan tempat tinggal Rasulallah di surga.

Item Type: Thesis (Doktoral)
Uncontrolled Keywords: tawassul; studi; tafsir
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi, Studi Agama Agama > Konsentrasi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: PKL7 SMKN 8 GARUT
Date Deposited: 16 Aug 2023 02:59
Last Modified: 16 Aug 2023 07:06
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73296

Actions (login required)

View Item View Item