Pengaruh literasi zakat, transparansi zakat dan kinerja Amil zakat terhadap pengumpulan dana zakat di Baznas Provinsi Jawa Barat

Rumra, Pandi (2023) Pengaruh literasi zakat, transparansi zakat dan kinerja Amil zakat terhadap pengumpulan dana zakat di Baznas Provinsi Jawa Barat. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_caver.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (978kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (857kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (659kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (947kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB) | Request a copy

Abstract

Sebagai salah satu negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia yang menganut agama Islam yaitu Indonesia. Artinya, dari segi kemungkinan zakat, jumlah zakatnya besar jika dikelola dengan baik. Dilihat dari Laporan Penerimaan Zakat Badan Amil Zakat Nasional pada 2017-2021, realisasi dana zakat di Provinsi Jawa Barat mengalami penurunan sumbangan dana pada setiap tahunnya sesuai dengan peningkatan jumlah penduduk wajib zakat hal tidak merepresentasikan jumlah penduduk yang. Tujuan dari penelitian adalah untuk meliihat factor literasi zakat, transparansi zakat dan kinerja amil zakat dalam mempengaruhi pertubuhan zakat pada Baznas Provinsi Jawa Barat Selama ini. Juga sebagai sebuah karya untuk menjadi telaah ilmiah dalam mengevaluasi setiap lembaga amil zakat yang mengelola dana zakat, terkhususnya Baznas Provinsi Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Dalam pengambilan data dan informasi terkait peneliti menggunakan du acara atau yang disebut mix method untuk merangkum data secara kuantitatif maupun kualitatif. Kemudian datanya dideskriripsi dan di Analisa menggunakan SPSS dan Penelitian terdahulu sebagai landasan dalam mendukung penelitian ini. Hasil Temuan penelitian menunjukan bahwa signifikansi variabel literasi literasi zakat yaitu 0,217. Nilai ini kurang dari nilai significance level 0,05 (5%). Hal ini menunjukkan bahwa literasi zakat tidak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap pengumpulan dana zakat. Kedua, Transparansi zakat sendiri memiliki nilai signifikansi 0,000 < 0,050 dengan demikian variabel transpansi zakat zakat berpengaruh secara signifikan terhadap pengumpulan dana zakat. Hal ini dapat dilihat dari jawaban responden dalam pengisian kuesioner pada pernyataan variabel transparansi zakat yang notabene memberikan penelian tidak setuju ketika diberi pernyataan Baznas sudah melakukan transparansi dengan baik. Ketiga, Pada pada variable kinerja amil memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dengan demikian kinerja amil zakat memiliki pengaruh signifikan terhadap pengumpulan dana zakat. Pada variable ketiga ini rata-rata responden menilai belum maksimal kinerja amil zakat dalam memberikan dedikasinya dalam pengelolaan dana zakat dinilai belum maksimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Literasi Zakat; Transparansi Zakat; Kinerja Amil; Pengumpulan Zakat;
Subjects: Islam > Islam and Economics
Econmics > Capitalism Economics
Production, Industrial Economics > Economic Development and Growth
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ekonomi Islam
Depositing User: pandi rumra
Date Deposited: 09 Aug 2023 05:24
Last Modified: 09 Aug 2023 05:24
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73311

Actions (login required)

View Item View Item