Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis inquiry pada materi sistem saraf: Penelitian pada siswa kelas XI SMA Negeri Jatinangor

Widarti, Wiwin (2017) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis inquiry pada materi sistem saraf: Penelitian pada siswa kelas XI SMA Negeri Jatinangor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (359kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)

Abstract

Pada tahun ajaran 2016-2017, SMA Negeri Jatinangor sudah tidak menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang berasal dari Dinas. Penelitian ini menghasilkan produk LKS berbasis inquiry. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan LKS yang dikembangkan untuk pembelajaran, mendeskripsikan kelayakan LKS berbasis inquiry pada materi sistem saraf, mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan LKS yang telah dikembangkan, serta medeskripsikan tanggapan siswa dan guru terhadap LKS yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah Research And Development (R&D) dengan menggunakan pendekatan pengembangan model 4D (Four-D Model) sampai tahap pengembangan (Develop). Hasil penilaian validator mengenai LKS berbasis inquiry pada materi sistem saraf yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid dengan persentase kelayakan 88,4%. Penggunaan LKS berbasis inquiry pada materi sistem saraf terhadap ketuntasan belajar siswa mencapai 100% siswa tuntas. Tanggapan siswa dan guru mata pelajaran terhadap LKS berbasis inquiry pada materi sistem saraf berkategori sangat layak digunakan dengan persentase berturut-turut 91% dan 100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis inquiry pada materi sistem saraf yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran biologi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Siswa (LKS); Inquiry; Sistem Saraf
Subjects: Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: PKL3 SMKN 8 GARUT
Date Deposited: 15 Aug 2023 07:40
Last Modified: 16 Aug 2023 01:22
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73314

Actions (login required)

View Item View Item