Profil Keterampilan Proses Sains (KPS) siswa melalui pogil berbasis icare pada materi pemanasan global: Penelitian dilakukan di Kelas VII SMP Negeri 46 Kota Bandung

Goesningdiah, Unni (2017) Profil Keterampilan Proses Sains (KPS) siswa melalui pogil berbasis icare pada materi pemanasan global: Penelitian dilakukan di Kelas VII SMP Negeri 46 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (536kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari hasil wawancara yang menyebutkan bahwa keterampilan proses sains peserta didik masih rendah dan nilai hasil ulangan materi pencemaran lingkungan yang dibawah KKM, model pembelajaran (Process Oriented Guided Inquiry) POGIL berbasis (Introduction, Connect, Apply, Reflect, Extend) ICARE yang belum pernah digunakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan proses pembelajaran IPA dan pencapaian keterampilan proses sains siswa setelah proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran POGIL berbasis ICARE pada materi pemanasan global. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode desktiptif dengan desain one-shot case study design.Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 46 Bandung yang berjumlah 370 siswa,dengan kelas VII-A dan VII B yang dijadikan sampel penelitian sebanyak 79 siswa. Penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampling purposive. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi, angket,dan tes tulis keterampilan proses sains sebanyak 10 soal dan 15 soal untuk penguasaan konsep. Hasil analisis menunjukan bahwa keterlaksanaan aktivitas guru terlaksana sangat baik dengan persentase untuk kelas VII-A 95% dan VII-B 90%, untuk aktivitas siswa pun mendapatkan kriteria sangat baik dengan persentase untuk kelas VII-A 89% dan VII-B 89%. Pencapaian KPS mendapatkan kriteria baik sekali dengan persentase 86,9% yang menyatakan baik sekali, dan nilai konsep yang mendukung ketercapaiannya. Indikator KPS yang paling tinggi adalah indikator berkomunikasi dengan kriteria baik sekali dan persentase 86%. Hasil angket siswa didapat persentase rata rata dari kelas VII-A dan VII-B adalah 88,3% dengan kriteria kuat, dapat disimpulkan bahwa belajar dengan penerapan model POGIL berbasis ICARE membuat siswa merasa lebih mudah dalam memahami materi pelajaran dan lebih antusias dalam belajar karena terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pemanasan global; proses sains; pogil
Subjects: Biology
Household Utilities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: PKL6 SMKN 11 GARUT
Date Deposited: 22 Aug 2023 01:35
Last Modified: 23 Aug 2023 01:01
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73322

Actions (login required)

View Item View Item