Pengaruh gaya kepemimpinan situasional Kepala Madrasah terhadap motivasi kerja dan kinerja guru: Penelitian di MTs Riyadlul Huda dan MTs Assakinah Kabupaten Bandung Barat

Mulyadi, Mulyadi (2023) Pengaruh gaya kepemimpinan situasional Kepala Madrasah terhadap motivasi kerja dan kinerja guru: Penelitian di MTs Riyadlul Huda dan MTs Assakinah Kabupaten Bandung Barat. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (624kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (776kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB) | Request a copy

Abstract

Guru memiliki peran penting di dunia pendidikan sekolah. Guru yang memiliki motivasi kerja akan menyelesaikan pekerjaan dengan tanggung jawab dan mengerahkan semua kemampuan untuk menunjukkan kinerja yang baik. Kepala madrasah sebagai pemimpin di madrasah dapat melakukan beberapa upaya untuk mempengaruhi guru dalam meningkatkan kualitas pendidikan, diantaranya dengan menerapkan gaya kepemimpinan. Gaya kepemimpinan situasional kepala madrasah merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan motivasi kerja dan kinerja guru. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi; 1) Gaya kepemimpinan situasional kepala madrasah, 2) Motivasi kerja guru, 3) Kinerja guru, 4) Pengaruh gaya kepemimpinan situasional kepala madrasah terhadap motivasi kerja guru, 5) Pengaruh gaya situasional kepala madrasah terhadap kinerja guru, 6) Gaya situasional kepala madrasah secara kuantitatif dan kualitatif, 7) Motivasi kerja secara kuantitatif dan kualitatif, 8) Kinerja guru secara kuantitatif dan kualitatif di MTs Riyadlul Huda dan MTs Assakinah Kabupaten Bandung Barat. Penelitian ini didasarkan pada kerangka berpikir bahwa gaya kepemimpinan situasional kepala madrasah dapat meningkatkan motivasi kerja dan kinerja guru. Guru yang memiliki motivasi kerja yang tinggi dan kinerja yang baik akan membantu madrasah dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Mixed Methods Research yakni penelitian yang mengkombinasikan antara metode kuantitatif dan kualitatif dengan model sequential explanatory (urutan pembuktian). Pengumpulan data kuantitatif dan kualitatif menggunakan angket, wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Gaya kepemimpinan situasional kepala madrasah memperoleh kualifikasi baik, 2) Motivasi kerja guru memperoleh kualifikasi baik, 3) Kinerja guru memperoleh kualifikasi baik, 4) Gaya kepemimpinan situasional kepala madrasah berpengaruh positif terhadap motivasi kerja guru, 5) Gaya kepemimpinan situasional kepala madrasah berpengaruh positif terhadap kinerja guru, 6) Gaya kepemimpinan situasional kepala madrasah secara kualitatif memperkuat dan memperdalam data kuantitatif, 7) Motivasi kerja guru secara kualitatif memperkuat dan memperdalam data kuantitatif, 8) Kinerja guru secara kualitatif memperkuat dan memperdalam data kuantitatif di MTs Riyadlul Huda dan MTs Assakinah Kabupaten Bandung Barat.

Item Type: Thesis (Doktoral)
Uncontrolled Keywords: Gaya kepemimpinan; motivasi kerja; kinerja guru.
Subjects: Applied Psychology > Leadership
Islam
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam > Konsentrasi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 10 Aug 2023 01:44
Last Modified: 10 Aug 2023 01:44
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73324

Actions (login required)

View Item View Item