Peran dana bergulir LPDB-KUMKM terhadap sisa hasil usaha, perputaran total aktiva dan kemampuan aset koperasi dalam menghasilkan laba bersih pada Koppontren Al-Ittifaq Kabupaten Bandung periode 2017-2022

Saputra, Evin Eka (2023) Peran dana bergulir LPDB-KUMKM terhadap sisa hasil usaha, perputaran total aktiva dan kemampuan aset koperasi dalam menghasilkan laba bersih pada Koppontren Al-Ittifaq Kabupaten Bandung periode 2017-2022. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text (1_cover)
cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (2_abstrak)
abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (3_daftar isi)
daftar isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (4_Bab I)
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (5_Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (6_Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (7_Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (8_Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (9_daftar pustaka)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Dana bergulir LPDB-KUMKM merupakan sebuah program pembiayaan/pinjaman lunak dari Pemerintah yang digunakan untuk memberikan stimulus bagi perkembangan Koperasi dan UKM di Indonesia. Sejak tahun 2020 pembiayaan/pinjaman dana bergulir disalurkan khusus kepada koperasi dengan nilai penyaluran per tahun sampai dengan Rp 2 triliun. Hal ini menunjukkan keberpihakan dan upaya serius pemerintah untuk mengembangkan perekonomian melalui kelembagaan koperasi. Penelitian ini dilakukan untuk mengungkap pengaruh dana bergulir LPDB-KUMKM bagi kinerja keuangan koperasi secara keseluruhan di Koppontren Al-Ittifaq Kabupaten Bandung Periode 2017-2022. Kerangka pemikiran yang dikonstruksikan adalah secara studi kasus pada laporan keuangan koperasi sebelum pembiayaan dana bergulir LPDB-KUMKM diterima atau pada periode 2017 sampai dengan 2019, dibandingkan dengan laporan keuangan koperasi setelah mendapatkan fasilitas pembiayaan dana bergulir LPDB-KUMKM pada periode tahun 2020 sampai dengan periode tahun 2022. Metode penelitian yang digunakan menggunakan kajian studi peristiwa (event study). Event Study adalah salah satu metodologi dalam penelitian yang sering menggunakan data-data pasar keuangan untuk bisa mengukur dampak suatu kejadian yang spesifik terhadap nilai perusahaan dan biasanya tercermin dari harga saham dan volume transaksinya (MacKinlay, 1997). Kinerja keuangan periode 2017-2022 dihitung secara tren, proposi prosentase per pos laporan keuangan sampai dengan rasio yang dihasilkan dan dipilih sebagai variabel penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan kondisi yang menarik. Dari perhitungan secara rata-rata hasil perbandingan yang dilakukan, pembiayaan dana bergulir LPDB-KUMKM belum dapat memberikan dampak perbedaan yang signifikan bagi kinerja keuangan koperasi sebelum dan sesudah mendapatkan fasilitas pembiayaan. Kondisi ini menunjukkan saat ini dana bergulir LPDB-KUMKM baru berdampak signifikan kepada koperasi/lembaga keuangan yang menjalankan bisnis usaha simpan pinjam. Terobosan terkait dengan pengembangan produk perlu dilakukan agar pengaruh signifikan dapat terlihat pada kinerja keuangan bagi mitra LPDB-KUMKM khususnya yang bergerak pada sektor riil.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Peran; Dana Bergulir; Sisa Hasil Usaha; Perputaran Total Aktiva dan Kemampuan Aset Koperasi dalam Menghasilkan Laba Bersih.
Subjects: Production, Industrial Economics > General Production Economics, Firm
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ekonomi Islam
Depositing User: evin eka saputra
Date Deposited: 10 Aug 2023 03:50
Last Modified: 10 Aug 2023 03:50
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73367

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item