pendekatan accelerated learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa pada meteri cahaya (penelitian pre experiment di Kelas viii-D Smpn 17 Bandung tahun ajaran 2013-2014)

Sumantri, Dwi Aprianti (2017) pendekatan accelerated learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa pada meteri cahaya (penelitian pre experiment di Kelas viii-D Smpn 17 Bandung tahun ajaran 2013-2014). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1'.pdf

Download (582kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (943kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text (DATAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi, peningkatan berpikir kreatif perlu ditingkatkan di SMPN 17 Bandung. Hal tersebut di sebabkan jarangnya penanaman keterampilan berpikir kreatif pada siswa pada proses pembelajaran. Oleh sebab itu perlu adanya upaya dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa, khususnya mata pelajaran Fisika materi cahaya.Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran melalui penerapan pendekatan Accelerated Learning pada materi cahaya dan peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa setelah menerapkan pendekatan Accelerated Learning pada materi cahaya. Populasi penelitian ini adalah kelas VIII SMPN 17 Bandung. Sampel kelas VIII-D berjumlah 36 siswa menggunakan teknik sample random sampling. Metode penelitian yang di gunakan adalah metode pre-experiment dengan desain penelitian one-group pretest-posttest. Data keterlaksanaan pembelajaran melalui penerapan pendekatan Accelerated Learning diperoleh dengan menggunakan lembar observasi, sedangkan untuk data peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa didapat melalui instrumen soal uraian. Hasil menunjukkan bahwa keterlaksanaan pendekatan Accelerated Learning dari setiap pertemuannya terlaksana dengan sangat baik dengan persentase aktivitas guru 95,3% dengan kategori sangat baik dan persentase aktivitas siswa 85,2% dengan kategori sagat baik. Terdaapat peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi cahaya dengan menggunakan pendekatan Accelerated Learning dengan perolehan rata-rata 0,6 nilai n-gain secara keseluruhan termasuk kategori sedang. Uji hipotesis dilakukan menggunakan uji wilcoxon match pair didapatkan Zhitung (4,94) > Ztabel (1,65) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti terdapat peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa dengan menggunakan pendekatan Accelerated Learning pada materi cahaya. Kata kunci: Accelerated Learning, berpikir kreatif, cahaya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: accelerated learning,meningkatkan keterampilan
Subjects: Physics
Applied Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: PKL6 SMKN 11 GARUT
Date Deposited: 04 Oct 2023 07:07
Last Modified: 04 Oct 2023 07:07
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73376

Actions (login required)

View Item View Item