Junaedi, Jamil (2023) Pengaruh Kompetensi Supervisi Akademik Kepala Madrasah terhadap Kinerja Guru Program Keterampilan Penelitian Pada Madrasah Aliyah Plus Keterampilan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER SKRIPSI.pdf Download (278kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
_.ABSTRAK Jamil.pdf Download (170kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI SKRIPSI (2).pdf Download (243kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
_.BAB IJamil.pdf Download (263kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
_.BAB II1JAmil (1).pdf Restricted to Registered users only Download (327kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III Jamil Junaedi.pdf Restricted to Registered users only Download (341kB) |
||
Text (BAB IV)
_.BAB IV Jamil Junaedi.pdf Restricted to Registered users only Download (506kB) |
||
Text (BAB V)
,BAB Vj.pdf Restricted to Registered users only Download (113kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
_.DAFTAR PUSTAKAJamil.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) |
Abstract
Kinerja guru tidak terlepas dari supervisi akademik kepala madrasah. Permasalahan yang ada pada guru dalam melakukan kinerja seperti ada guru yang masih menyimpang dan kurang disiplin pada saat pembelajaran misalnya guru yang bolos kerja, guru yang kurang menguasai materi ajar, serta kurangnya profesionalisme guru. Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru salah satunya adalah dorongan dari kepala madrasah yang melakukan supervisi. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang Pengaruh Kompetensi Supervisi Akademik Kepala Madrasah terhadap Kinerja Guru Program Keterampilan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kompetensi supervisi akademik kepala madrasah terhadap kineja guru program keterampilan di Madrasah Aliyah Plus Keterampilan se-Kabupaten Sumedang. Penelitian ini menggunakan metode Expost Facto dengan pendekatan kuantitatif yang dilakukan terhadap 30 Guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket/kuesioner. Analisis data dilakukan dengan tahapan analisis intrumen (validitas dan realibilitas), analisis parsial per indikator (uji realitas variabel X dan uji realitas variabel Y), analisis asumsi klasik (linearitas dan normalitas), uji korelasi, analisis koefisien determinasi, dan analisis regresi linear sederhana, uji hipotesis (uji F dan uji t). Hasil penelitian ini menunjukan pengaruh kompetensi supervisi akademik kepala madrasah terhadap kinerja guru program keterampilan memperoleh nilai 0,000 < 0,05 yang artinya bahwa hubungan kompetensi supervisi akademik dan kinerja guru program keterampilan terdapat korelasi atau hubungan. Kemudian koefisien korelasi yang diperoleh yaitu 0,727 yang artinya bahwa variabel X dengan variabel Y memiliki korelasi dengan derajat hubungan pada tingkat kekuatan yang “kuat” karena berada pada kategori 0.61-0.80 = korelasi kuat dan bentuk hubungannya positif. Dikatakan positif karena apabila kompetensi supervisi akademik yang dimiliki oleh kepala madrasah dilakukan dengan baik, maka akan dapat meningkatkan kinerja guru program keterampilan. Kemudian koefisien determinasi (R Square) sebagaimana pada tabel 4.17 menunjukan pada angka sebesar sebesar 0.528 yang artinya bahwa pengaruh variabel X ((kompetensi supervisi akademik kepala madrasah) terhadap variabel Y (kinerja guru program keterampilan) sebesar 52.8%. sedangkan 58.2% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh, Kompetensi; Supervisi Akademi Kepala Madrasah; Kinerja; guru Program Keterampilan. |
Subjects: | General Management > Education, Research of Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Jamil Junaedi |
Date Deposited: | 10 Aug 2023 06:25 |
Last Modified: | 11 Aug 2023 01:28 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73393 |
Actions (login required)
View Item |