modernisasi pertanian sebagai pembangun kesejahteraan sosial petani (studi kasus di desa Peundeuy Kecamatan Peundeuy Kabupaten Garut)

Rohman, Abdul (2017) modernisasi pertanian sebagai pembangun kesejahteraan sosial petani (studi kasus di desa Peundeuy Kecamatan Peundeuy Kabupaten Garut). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (358kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5'.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari penomena mengenai perubahan sistem pertanian di perdesaan yang mulai menggunakan cara bertani modern, sehingga berpengaruh terhadap peningkatan kesejahteraan sosial petani. Sangat menarik ketika masyarakat petani di perdesaan yang kental dengan budaya tradisional dalam sistem bertani, kini mulai berpindah menggunakan sistem pertanian yang modern dalam aktivitas bertaninya. perubahan pola pertanian dari cara yang tradisional menjadi cara yang lebih modern ini, secara nyata telah memberikan perubahan terhadap peningkatan kesejahteraan sosial petani di Desa peundeuy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana modernisasi pertanian di Desa Peundeuy. (2) Bagaimana pengaruh modernisasi pertanian terhadap peningkatan ekonomi petani di Desa Peundeuy. (3) Bagaimana upaya dalam meningkatkan modernisasi pertanian di Desa Peundeuy. Teori yang digunakan dalam penelitian ini, adalah teori modernisasi dari David McClelland. Teori modernisasi yang dikemukakan oleh David McClelland, menyatakan tentang dorongan motivasi dalam diri seseorang untuk menyelesaikan pekerjaan dengan baik. keinginan, kebutuhan atau dorongan untuk berperstasi ini tidak sekedar untuk meraih imbalan material yang besar, orang dengan n-Ach yang tinggi, yang memiliki kebutuhan untuk berperstasi mengalami kepuasan bukan karena mendapatkan imbalan dari hasil karyanya, tetapi karena dari hasil kerja tersebut dianggapnya sangat baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, adalah metode deskriptif.Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder, sumber data primer merupakan sumber data utama yang diperoleh dari hasil wawancara,sedangkan sumber data sekunder adalah sumber data yang diperoleh dari berbagai dokumentasi serta kajian pustaka. Penelitian ini menggunakan jenis data kualitatif. Hasil penelitian berdasarkan data yang ada dilapangan adalah bahwa perubahan pola pertanian dari bentuk tradisional menjadi bentuk modern, telah memberikan dampak terhadap peningkatan kualitas pertanian yang ada di Desa Peundeuy. Sistem pertanian modern memberikan tingkat evektifitas yang tinggi dalam proses bertani, dan sekaligus berhasil meningkatkan produktifitas hasil panen para petani. Sehingga peningkatan hasil bertani yang petani dapatkan, secara nyata memberikan pengaruh terhadap peningkatan kesejahteraan sosial ekonomi petani sendiri, dan secara tidak langsung telah memberikan perubahan terhadap kehidupan sosial lainnya seperti peningkatan kualitas pendidikan keluarga petani dan perubahan sosial budaya pada masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: modernisasi pertanian,studi kasus di desa Peundeuy
Subjects: Communities > Community Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: PKL6 SMKN 11 GARUT
Date Deposited: 06 Oct 2023 08:53
Last Modified: 06 Oct 2023 08:53
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73397

Actions (login required)

View Item View Item