Tanggapan Siswa Terhadap Penggunaan Gadget Hubungannya Dengan Motivasi Belajar Mereka Pada Mata Pelajaran Pai

Sari, Mega Indriani (2016) Tanggapan Siswa Terhadap Penggunaan Gadget Hubungannya Dengan Motivasi Belajar Mereka Pada Mata Pelajaran Pai. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (303kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)

Abstract

Berangkat dari pengertian motivasi adalah faktor pendorong seseorang untuk menggerakkan segala potensi yang ada, motivasi bisa terjadi akibat adanya dorongan dari diri sendiri maupun dari keadaan disekitar. Berdasarkan studi pendahuluan di kelas XII SMA Manba’ulHuda Tanjungsari Bogor diperoleh informasi dari Guru Pendidikan Agama Islam bahwa motivasi belajar siswa masih cenderung kurang, khususnya pada Mata Pelajaran PAI. Hal ini terlihat dari proses pembelajaran berlangsung masih banyak siswa yang acuh, tidak bersemangat dalam belajar, tidak memperhatikan saat guru menerangkan, siswa mengobrol dengan temannya. Hal ini di duga karena media pembelajaran yang digunakan cenderung monoton. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggapan siwa terhadap penggunaan Gadget, motivasi belajar, serta hubungan antara tanggapan siswa terhadap penggunaan Gadget dengan motivasi belajar mereka pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa penggunaan gadget sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar siswa semakin baik. Oleh itu hipotesis yang diajukan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara tanggapan siswa terhadap penggunan gadget denganmotivasi belajar mereka pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui angket dan studi pustaka. Data dianalisis dengan menggunakan dua pendekatan yaitu teknik deskriptif dan korelasi menggunakan product moment. Hasil Pengolahan data menujukan bahwa realitas tanggapan siswa terhadap penggunaan gadget termasuk kategori tinggi, hal ini didasarkan nilai rata-rata diperoleh 3,89. Realias Motivasi belajar siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam termasuk Kategor Tinggi, hal ini berdasarkan nilai rata-rata diperoleh sebesar 3,65 yang berada pada interval 3,40 – 4,19 dan hasil perhitungan, korelasi termasuk kategori hubungan rendah, sebab dipeoleh hasil koefisien korelasi sebesar 0,40 yang berada pada interval 0,20 – 0,40, berdasarkan pengujian hipotesis dengan menggunaan product moment. Diperoleh ������� 2,67 > ��� � 2,040 dengan taraf signifikan 5% maka hubungan Variabel X dengan Variabel Y signifikan, artinya hpotsis (Ha) diterima yaitu terdapat hubungan antara penggunaan gadget dengan motivasi siswa dalam Mata Pelajaran PAI. Adapun kadar pengaruhnya sebesar 16% , yang berarti bahwa Motivasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Isalam dipengaruhi oleh tanggapan siswa terhadap penggunaan gadget sebagai Media pembelajaran. Dan 84% lagi dipengaruhi dai faktor lain

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: tanggapan;gadget;motivasi
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: PKL3 SMKN 8 GARUT
Date Deposited: 28 Nov 2023 06:31
Last Modified: 28 Nov 2023 06:31
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73475

Actions (login required)

View Item View Item