Aktivitas Jamaah Masjid Besar Tanjungsari Dan Dampaknya Terhadap Perkembangan Sosial Keagamaan Masyarakat Tanjungsari Tahun 2004-2015

Agusriyani, Nurhikmah (2016) Aktivitas Jamaah Masjid Besar Tanjungsari Dan Dampaknya Terhadap Perkembangan Sosial Keagamaan Masyarakat Tanjungsari Tahun 2004-2015. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (234kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (858kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[img]
Preview
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf

Download (146kB) | Preview
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)

Abstract

Masjid Besar Tanjungsari merupakan masjid pertama yang didirikan di Tanjungsari. Keberadaannya pada tahun 2004-2015, masjid mengalami beberapa perubahan. Perubahan-perubahan itu diantaranya adalah perubahan bentuk berupa renovasi total pada bangunan masjid dan juga perubahan manajemen dan kepengurusan masjid. Perubahan tersebut tentu saja mempengaruhi aktivitas jamaah masjid itu sendiri. Aktivitas jamaah masjid, baik aktivitas peribadatan maupun kegiatan sosial keagamaan lainnya yang juga berdampak pada perkembangan sosial keagamaan masyarakat sekitar. Berdasarkan uraian di atas, terdapat beberapa rumusan masalah sebagaiberikut. Pertama, bagaimana sejarah Masjid Besar Tanjungsari dan yang keduabagaimana aktivitas jamaah Masjid Besar Tanjungsari dan dampaknya terhadap perkembangan sosial keagamaan masyarakat pada tahun 2004-2015.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sejarah Masjid BesarTanjungsari dan untuk mengetahui bagaimana aktivitas jamaah Masjid BesarTanjungsari dan dampaknya terhadap perkembangan sosial keagamaan masyarakat. Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode penelitiansejarah. Penelitian ini dilakukan melalui empat tahapan kerja, yaitu tahap heuristik,kritik, interpretasi dan tahap historiografi (penulisan sejarah). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pertama, MasjidBesar Tanjungsari didirikan pada masa bupati Sumedang, Pangeran Sugih. Masjidini didirikan diatas tanah wakaf dari bupati Sumedang dengan nadzir H. Umar seluas 1.325 m2 yang terletak di Blok Kaum Desa Tanjungsari Kecamatan Tanjungsari. Masjid ini memiliki corak arsitektur bergaya Timur Tengah yangterlihat dari corak pintu, kubah, menara dan ornamen-ornamennya. Kedua, aktivitas jamaah yang dikembangkan di Masjid Besar Tanjungsari tahun 2004-2015 terbagimenjadi dua, yakni kegiatan ibadah yang meliputi shalat berjamaah (shalat 5 waktu,shalat Jum’at dan shalat I’d), kuliah subuh setiap hari Jum’at, pengajian rutinmingguan dan bulanan, kegiatan Ramadhan (shalat tarawih, ceramah Ramadhan,Pesantren Kilat), peringatan hari besar Islam dan juga kegiatan sosial seperti bakti sosial korban bencana, santunan yatim piatu, khitanan massal. Selain itu, pengurusmasjid juga mengembangkan perpustakaan masjid, BMT dan juga fungsionalisasi lahan untuk perekonomian. Dengan adanya kegiatan tersebut, kesadaran spiritualmasyarakat terus tumbuh, kehidupan sosial keagamaan masyarakat pun setidaknyamengalami peningkatan dan diwarnai dengan perkembangan organisasi-organisasi sosial keagamaan yang berkembang di wilayah Tanjungsari.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: jamaah;tanjungsari;perkebangan
Subjects: Islam > Islamic History
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: PKL5 SMKN 11 GARUT
Date Deposited: 28 Nov 2023 08:05
Last Modified: 28 Nov 2023 08:05
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73482

Actions (login required)

View Item View Item