Perubahan makna keberagaman dalam tradisi adat perkawinan : Pada kaum Bugis di Kampung Hidayat Batu 4 Tawau Sabah Malaysia

Bairullah, Nur Basyirah (2023) Perubahan makna keberagaman dalam tradisi adat perkawinan : Pada kaum Bugis di Kampung Hidayat Batu 4 Tawau Sabah Malaysia. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (1_cover)
Cover.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text (2_abstrak)
Abstrak.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text (3_daftarisi)
Daftar Isi.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text (4_bab1)
Bab 1.pdf

Download (362kB) | Preview
[img] Text (5_bab2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (784kB)
[img] Text (6_bab3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img] Text (7_bab4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (694kB)
[img] Text (8_bab5)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text (9_daftarpustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami perubahan (1) Untuk memahami perubahan praktik adat perkawinan dalam masyarakat Bugis di Kampung Hidayat Batu 4Tawau Sabah Malaysia. (2) Untuk menjelaskan dampak modernisasi terhadap perkawinan masyarakat Bugis di Kampung Hidayat Batu 4 Tawau Sabah Malaysia. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer dan sekunder. Dalam data primer ini dilakukan secara langsung di lapangan, dari subjek peneliti melalui informasi dengan cara wawancara dan observasi sebagai sumber utama dalam informasi. Data primer ini langsung dari hasil informan atau narasumber melalui tahap wawancara dan observasi penelitian di Kampung Hidayat Batu 4 Tawau Sabah Malaysia. Sedangkan dalam sumber data sekunder dari berbagai artikel, jurnal, skripsi, buku dan sebagainya untuk pelengkap pada sumber peneliti ini yang berkaitan dengan budaya pernikahan adat Bugis. Dalamteknik pengumpulan data penelitian menggunakan metode wawancara, peneliti mewawancarai narasumber secara langsung pada beberapa pihak: pertamakepala desa. Kedua, pemangku adat. Ketiga, guru tarian Bugis. Keempat, guru. Kelima, anak muda desa Kampung Hidayat, observasi dan dokumentasi di Kampung Hidayat Batu 4 Tawau Sabah Malaysia. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan analisis data. Penelitiberusaha untuk memahami praktik adat perkawinan dalam masyarakat Bugis dan menjelaskan penyebab perubahan pelaksana adat pernikahan di masyarakat terutama di Kampung Hidayat Batu 4. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa pada saat ini perubahan terjadi pada adat perkawinan masyarakat Bugis di Kampung Hidayat Batu 4 Tawau Sabah Malaysia, yaitusebagian besar praktik adat tradisional pada perkawinan di kalangan masyarakat Bugis semakin jarang dilakukan. Generasi muda masyarakat Bugis kini lebih cenderung mempraktikan upacara perkawinan singkat karena dapat menghemat waktu. Perubahan ini disebabkan oleh modernisasi sehingga praktik tradisional khususnya pada perkawinan masyarakat Bugis. Bahwa sebelumnya tradisi perkawinan itu dianggap sakral dan tidak dianggap boros, tetapi seiring modernisasi perkawinan itu diangap bentuk pemborosan, materialistic, ajang pamer atau beria terhadap status social, ajang gengsi keluarga kedua mempelai.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Perubahan Makna; Keberagaman Tradisi; Perkawinan; Bugis.
Subjects: Culture and Institutions > Marriage
Customs of Life Cycle and Domestic Life > Wedding and Marriage Customs
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi, Studi Agama Agama
Depositing User: Ms Nur Basyirah Bairullah
Date Deposited: 14 Aug 2023 03:30
Last Modified: 24 Aug 2023 07:48
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73504

Actions (login required)

View Item View Item