Hapiz, Silmi Kap Nur (2023) Pengaruh penggunaan Sistem Informasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (SIMPATIKA) terhadap efektivitas pengelolaan data administrasi Madrasah : Penelitian pada Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilakukan peneliti di MAN 1 dan MAN 2 Sumedang melalui proses pengamatan serta observasi awal dengan guru mengenai SIMPATIKA diperoleh informasi bahwa SIMPATIKA di madrasah sudah cukup baik sehingga proses memperbarui data administrasi sangat efektif. Beberapa guru sudah paham dalam penggunaan aplikasi SIMPATIKA karena kemudahan akses fitur yang dimiliki, SIMPATIKA adalah aplikasi yang sangat membantu dalam proses pengelolaan data administrasi. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan studi penelitian mengenai pengaruh SIMPATIKA terhadap efektivitas pengelolaan data administrasi di madrasah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Penggunaan SIMPATIKA pada MAN Se-Kabupaten Sumedang. 2) Efektivitas pengelolaan data administrasi madrasah pada MAN Se-Kabupaten Sumedang. 3) Pengaruh SIMPATIKA terhadap efektivitas pengelolaan data administrasi madrasah pada MAN Se-Kabupaten Sumedang. Metode penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif yaitu dengan metode ex-post facto. Data dikumpulkan melalui survei menggunakan angket dengan sampel berjumlah 44 responden yaitu para guru pengguna SIMPATIKA yang terlibat langsung dalam pengelolaan data admininistrasi madrasah. Adapun teknik Analisis data menggunakan 4 metode yaitu uji validitas reliabilitas (uji instrumen), uji parsial perindikator, uji normalitas, dan uji hipotesis (uji regresi linier sederhana, uji T, uji F, dan uji koefisien Determinan). Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan dari hasil analisis regeresi linier sederhana bahwa: 1) SIMPATIKA di MA Negeri Se-Kabupaten Sumedang berada pada kualifikasi sangat tinggi karena berada pada rentang interval 4,20-5,00, dengan nilai rata-rata sebesar 4,38. 2) Efektivitas pengelolaan data administrasi di MA Negeri Se-Kabupaten Sumedang berada pada kategori kualifikasi sangat tinggi juga, berada dalam rentang interval 4,20-5,00 dengan nilai rata-rata 4,31. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan yaitu t hitung > t tabel (5,063 > 2,018) antara variabel SIMPATIKA (X) terhadap efektivitas pengelolaan data administrasi madrasah. Maka Hipotesis alternatif diterima. Adapun pengaruh cukup tinggi berdasarkan koefisen determinasi yaitu 38% atau 0,3,80 sesuai dengan interpretasi koefisien determinasi dengan kategori pengaruh cukup tinggi. Berdasar hasil penelitian di atas direkomendasikan kepada lembaga agar terus mengembangkan keterampilan dan pengetahuan para guru dalam proses penggunaan SIMPATIKA sehingga ke depannya dapat meningkatkan efektivitas pengelolaan data administrasi para guru di madrasah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SIMPATIKA; Efektivitas Pengelolaan Data Administrasi; |
Subjects: | Education Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Administration General Management > Information Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Silmi Kap Nur Hapiz |
Date Deposited: | 21 Aug 2023 02:26 |
Last Modified: | 21 Aug 2023 02:26 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73511 |
Actions (login required)
View Item |