Implementasi kebijakan sistem zonasi menurut Peraturan Gubernur nomor 29 tahun 2021 tentang penerimaan peserta didik baru di Sekolah Menengah Atas Negeri 10 Bandung perspektif Siyasah dDusturriyah

Fakhri, Muhamad (2023) Implementasi kebijakan sistem zonasi menurut Peraturan Gubernur nomor 29 tahun 2021 tentang penerimaan peserta didik baru di Sekolah Menengah Atas Negeri 10 Bandung perspektif Siyasah dDusturriyah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (280kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB)
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)

Abstract

Implementasi kebijakan merupakan salah satu hal terpenting dalam menjalankan pemerintahan. Jika kebijakan yang dibuat tidak diimplementasikan dengan baik, maka tidak akan berdampak apapun pada masyarakat yang menjadi sasarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kebijakan yang diterapkan Gubernur Jawa Barat melalui Peraturan Gubernur Nomor 29 Tahun 2021 dalam mengatur sistem zonasi salah satunya di Kota Bandung. Penelitian terhadap Peraturan Gubernur Nomor 29 Tahun 2021 ini bertujuan untuk 1) mengetahui bagaimana implementasi PERGUBmengatur tentang PPDB di SMA Negeri 10 Kota Bandung, 2) Mendeskripsikan hal-hal yang di atur dalam PERGUB tentang sistem zonasi dan mengetahui apa saja kendala yang timbul dalam implementasinya, 3) Mengetahui analisis Siyasah Dusturiyah terhadap kebijakan PERGUB tentang sistem zonasi Peneliti dalam melakukan Penelitian implementasi kebijakan Peraturan Gubernur Nomor 29 Tahun 2021 ini didukung oleh Teori Implementasi Kebijakan Van Meter Van Horn Sebagai tolak ukur dari keberhasilan suatu kebijakan, lalu untuk mengetahui Struktur hukum, Subtansi hukum, dan Budaya Hukum, peniliti menggunakan Teori Legal System Lawrence. Dan digunakannya konsep Siyasah Dusturriyah untuk menambahkan perspektif dan juga melihat apakah nilai-nilai syariat islam yang berkaitan dengan Implementasi kebijakan sudah sesuai ataukah belum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan jenis penelitian bersifat yuridis empiris. Data-data penelitian diperoleh dari berbagai sumber data yaitu data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan pernarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan PPDB berbasis zonasi sudah berjalan cukup baik. Penelitian utama yang dilakukan di SMA Negeri 10 Bandung memperoleh hasil : 1) Implementasi Kebijakan Sistem Zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru di Kota Bandung secara umum sudah berjalan cukup baik dan sesuai dengan Peraturan Gubernur Nomor 29 Tahun 2021 Tentang PPDB, 2) Ada beberapa kendala yang dihadapi sehingga mempengaruhi keoptimalan pelaksanaan PPDB berbasis zonasi di Kota Bandung, diantaranya Pertama buruknya sistem web SMA Negeri 10 Bandung tentang data penerimaan dan sosialisasi zonasi Kedua, masih adanya KKN (kolusi, korupsi,nepotisme) di sekolah – sekolah di Kota Bandung. 3)Peraturan zonasi yang sudah diterapkan di kota Bandung sudah sesuai dengan kaidah siyasah dimana kebijakan ini lahir dengan tujuan menghilangkan kemadharatan bagi masyarakat luas yang berisi tentang suatu aturan dalam mengatur Pendidikan di Indonesia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Zonasi; Siyasah Dusturi’yyah
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Siyasah
Depositing User: FAKHRI MUHAMAD
Date Deposited: 14 Aug 2023 06:38
Last Modified: 14 Aug 2023 06:38
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73513

Actions (login required)

View Item View Item