manajemen pembelajaran di pondok Pesantren (Penelitian di Pondok Pesantren Modern Nurussalam Kabupaten Karawang)

Umam, Asep Saepul (2016) manajemen pembelajaran di pondok Pesantren (Penelitian di Pondok Pesantren Modern Nurussalam Kabupaten Karawang). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (316kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)

Abstract

Pesantren modern Nurussalam yang didirikan oleh K.H Nurdin sistem yang digunakan salafi dan sekarang dipimpin oleh putranya K.H Ujang Badrudin M.Pd.I berubah dengan sistem modern dan terletak di kabupaten Karawang. Pesantren ini telah berhasil melahirkan kader-kader ulama yang bukan hanya memiliki pengetahuan agama melainkan juga ilmu pengetahuan umum dan memiliki kepribadian sosial yang tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui latar alamiah pondok pesantren, manajemen pembelajaran, hasil manajemen pembelajaran dan faktor penunjang dan penghambat di pondok pesantren modern Nurussalam. Penelitian ini berangkat dari pemikiran bahwa santri Nurussalam memiliki manajemen pembelajaran yang berbeda dikarenakan santrinya yang merupakan pelajar dan harus mondok/tinggal di pesantren. Metode penelitian ini mempergunakan metode kualitatif, bersifat deskrifitif dan difokuskan pada pondok pesantren modern Nurussalam. Tehnik yang dipergunakan ialah observasi dan wawancara, penulis mengikuti kegiatan pesantren kurang lebih satu bulan dan melakukan penelitian selama kurang lebih empat bulan. Kemudian melakukan analisa secara deskriptif dan menyimpulkan secara induktif. Berangkat dari data yang telah terkumpul, maka dapat disimpulkan bahwa pondok pesantren modern Nurussalam 1) awalnya merupakan pesantren salafi dan menjadi pesantren modern. Manajemen pesantren bersifat dalam manajemen pengelolaannya bersifat modern, dengan organisasi pesantren berbentuk pimpinan tunggal dan dalam pengelolaan administrasi dilakukan secara modern. Sarana yang dimiliki cukup memadai staf pengajar yang merupakan keluarga dan alumni pesantren, 2) manajemen pembelajaran yang bertujuan santri dapat menguasai dan mempraktikan tujuan pembelajaran, bahan pembelajaran, media pembelajaran, strategi pembelajaran, evaluasi pembelajaran. 3) faktor penunjang dan penghambat dapat dikerucutkan pada kharisma kiyai. Kharisma kiyai di satu sisi membuat pengajar dan santri memiliki loyalitas yang tinggi dan terbentuknya pola searah. 4) hasil manajemen pembelajaran di pesantren santri tidak terganggu oleh kegiatan diluar malaupun waktu belajar santri relative sebentar tetapi juga sering di pelajari di sekolah disebabkan santri harus membagi waktu antara pesantren dan sekolah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: manajemen pembelajaran,Penelitian di Pondok Pesantren Modern
Subjects: English
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Bahasa Inggris
Depositing User: PKL6 SMKN 11 GARUT
Date Deposited: 05 Oct 2023 03:39
Last Modified: 05 Oct 2023 03:39
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73521

Actions (login required)

View Item View Item