Implementasi konsep Artificial Intelligence (AI) pada game berbasis Web menggunakan Framework Phaser

Miftahudin, Miftahudin (2017) Implementasi konsep Artificial Intelligence (AI) pada game berbasis Web menggunakan Framework Phaser. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover (2).pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (145kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (849kB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB)
[img] Text (BAB VI)
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)

Abstract

Kecerdasan buatan merupakan sebuah studi tentang bagaimana membuat komputer melakukan hal-hal yang pada saat ini dapat dilakukan oleh manusia. Penelitian ini bertujuan untuk membangun game 2D bertema aksi yang berbasis web menggunakan framework phaser dengan mengimplementasikan AI didalamnya. Algoritma yang dipakai untuk implementasi pada game yaitu algoritma A* untuk menentukan pathfinding pada peta, algoritma fuzzy untuk kontrol player, enemy chasing / following player, dan perilaku enemy. Tahap pengujian yang dilakukan menggunakan metode white-box dan black-box. Metode white-box digunakan untuk mendapatkan nilai siklomatis kompleksitas pada program yang dirancang, dan metode black-box digunakan untuk menguji output pada program yang dirancang. Berdasarkan hasil uji implementasi algoritma A* mendapatkan nilai siklomatis kompleksitas 4 basis flow dengan tingkat resiko rendah. Implementasi algoritma fuzzy untuk kontrol player mendapatkan nilai siklomatis kompleksitas 9 basis flow dengan tingkat resiko rendah. Enemy chasing / following player mendapatkan nilai siklomatis kompleksitas 4 basis flow dengan tingkat resiko rendah, namun masih memiliki kekurangan yaitu enemy akan berada dalam kondisi stuck saat player berada dalam satu garis Y. Perilaku enemy mendapatkan nilai siklomatis kompleksitas 7 basis flow dengan tingkat resiko rendah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Artificial Intelligence; Game; A*; Fuzzy; Cyclomatic Complexity
Subjects: Computer Arts, Digital Arts
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Elektro
Depositing User: Mr Catur Rangga Aji
Date Deposited: 15 Aug 2023 00:38
Last Modified: 15 Aug 2023 00:51
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73534

Actions (login required)

View Item View Item