Yuliani, Hani (2014) Penerapan model pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) untuk mengembangkan kemampuan siswa menghubungkan tiga level representasi kimia pada konsep sistem koloid (Penelitian kelas terhadap siswa kelas XI IPA SMAN 1 Majalaya Tahun). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar pustaka.pdf Download (144kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (155kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (306kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (293kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (441kB) |
||
|
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Download (142kB) | Preview |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (187kB) |
Abstract
Kimia merupakan cabang IPA yang penting karena kimia dapat membantu siswa menjelaskan fenomena yang terjadi di sekitar mereka. Salah satu konsep kimia yang menyangkut tentang kehidupan sehari-hari adalah sistem koloid. Karakteristik ilmu kimia dapat diperlihatkan oleh representasi kimia yang terdiri dari tiga level yaitu level makroskopik, submikroskopik dan simbolik. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk mencapai hasil tersebut adalah model Predict, Observe, Explain (POE). Tujuan penelitian ini mendeskripsikan aktivitas siswa pada pembelajaran POE, menganalisis kemampuan representasi siswa untuk setiap tahap pembelajaran POE, menganalisis kemampuan siswa menghubungkan tiga level representasi pada konsep sistem koloid setelah pembelajaran POE berbantuan media animasi. Metode penelitian yang digunakan penelitian kelas pada siswa kelas XI IPA 4 di SMAN 1 Majalaya. Instrumen yang digunakan berupa LKS POE, tes hasil belajar berupa tes uraian dan lembar observasi. Hasil nilai rata-rata yang diperoleh pada LKS predict, observe, explain masing-masing adalah 65, 76, 82. Proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran POE pada konsep sistem koloid dalam menghubungkan tiga level representasi teraplikasikan dengan baik sesuai hasil observasi. Penerapan model pembelajaran POE efektif meningkatkan pemahaman siswa pada konsep sistem koloid, serta dapat membantu siswa dalam mengkontruksi pengetahuan sendiri dan siswa terlibat secara aktif dalam seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran, sehingga dapat membantu guru dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Organic Chemistry |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | PKL6 SMKN 11 GARUT |
Date Deposited: | 07 Dec 2023 03:41 |
Last Modified: | 07 Dec 2023 03:42 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73536 |
Actions (login required)
View Item |