Aprilia, Dea Hernas (2023) Pengaruh strategi Brand Image dan Brand Trust terhadap Competitive Advantage Lembaga Pendidikan Islam : Penelitian pada Al Lathif Islamic Primary School Bertaraf Cambridge International di Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (48kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (74kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (345kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (418kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (343kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (514kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (130kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (83kB) | Request a copy |
Abstract
Menghadapi persaingan yang semakin ketat dalam memasarkan lembaga pendidikan Islam, membangun strategi brand image dan brand trust merupakan langkah yang bisa dilakukan untuk membentuk keunggulan bersaing. Sebuah lembaga pendidikan harus memiliki keunggulan bersaing yang dapat menjadi nilai unggul dari sekolah lainnya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana brand image dan brand trust dapat berpengaruh atau tidak dalam competitive advantage. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi brand image dan brand trust terhadap competitive advantage lembaga pendidikan Islam di Al Lathif Islamic Primary School bertaraf Cambridge International di Kota Bandung. Brand image memiliki indikator kekuatan merek (strengthness), keunikan merek (uniqueness), dan keunggulan merek (favorable). Indikator dari brand trust adalah karakteristik merek (brand characteristic), karakteristik perusahaan atau lembaga (company characteristic), dan karakteristik konsumen-merek (consumer brand-characteristic). Indikator dari competitive advantage adalah keunggulan diferensiasi, keunggulan biaya, dan keunggulan memasuki pasar. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode regresi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji instrumen (validitas dan realiabilitas), analisis indikator, uji normalitas, uji linieritas, uji regresi berganda, uji-t, uji-f, dan uji koefisien detrminasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa, brand image di Al Lathif Islamic Primary School Kota Bandung memperoleh rata-rata nilai 4,45 maka dikategorikan sangat tinggi. Brand trust di Al Lathif Islamic Primary School Kota Bandung memperoleh rata-rata nilai 4,39 maka dikategorikan sangat tinggi. Competitive advantage di Al Lathif Islamic Primary School Kota Bandung memperoleh rata-rata nilai 4,34 maka dikategorikan sangat tinggi. Brand image memiliki pengaruh terhadap competitive advantage pada Al Lathif Islamic Primary School Kota Bandung, dengan nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0,05 dan nilai thitung 4,599 > ttabel 2,032 sehingga disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan antara brand image terhadap competitive advantage. Brand trust memiliki pengaruh terhadap competitive advantage pada Al Lathif Islamic Primary School Kota Bandung, dengan nilai signifikansi sebesar 0,03 < 0,05 dan nilai thitung 3,163 < ttabel 2,032 dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan antara brand trust terhadap competitive advantage. Pengaruh brand image dan brand trust terhadap competitive advantage bahwa nilai R Square sebesar 0,614 dengan nilai fhitung 27,033 >ftabel 3,27, artinya pengaruh variabel X1 dan X2 secara simultan terhadap variabel Y sebesar 61% sisanya 39% dijelaskan oleh variabel lain tidak dibahas dalam penelitian ini. Seperti word of mouth, jenis pemasaran lain dan sebagainya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Brand Image; Brand Trust; Competitive Advantage |
Subjects: | Education Education > Sociology of Education Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Kependidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Dea Hernas Aprilia |
Date Deposited: | 04 Sep 2023 06:25 |
Last Modified: | 04 Sep 2023 06:25 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73568 |
Actions (login required)
View Item |