Pengaruh strategi Brand Image dan Brand Trust terhadap Competitive Advantage Lembaga Pendidikan Islam : Penelitian pada Al Lathif Islamic Primary School Bertaraf Cambridge International di Kota Bandung

Aprilia, Dea Hernas (2023) Pengaruh strategi Brand Image dan Brand Trust terhadap Competitive Advantage Lembaga Pendidikan Islam : Penelitian pada Al Lathif Islamic Primary School Bertaraf Cambridge International di Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (345kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB) | Request a copy

Abstract

Menghadapi persaingan yang semakin ketat dalam memasarkan lembaga pendidikan Islam, membangun strategi brand image dan brand trust merupakan langkah yang bisa dilakukan untuk membentuk keunggulan bersaing. Sebuah lembaga pendidikan harus memiliki keunggulan bersaing yang dapat menjadi nilai unggul dari sekolah lainnya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana brand image dan brand trust dapat berpengaruh atau tidak dalam competitive advantage. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi brand image dan brand trust terhadap competitive advantage lembaga pendidikan Islam di Al Lathif Islamic Primary School bertaraf Cambridge International di Kota Bandung. Brand image memiliki indikator kekuatan merek (strengthness), keunikan merek (uniqueness), dan keunggulan merek (favorable). Indikator dari brand trust adalah karakteristik merek (brand characteristic), karakteristik perusahaan atau lembaga (company characteristic), dan karakteristik konsumen-merek (consumer brand-characteristic). Indikator dari competitive advantage adalah keunggulan diferensiasi, keunggulan biaya, dan keunggulan memasuki pasar. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode regresi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji instrumen (validitas dan realiabilitas), analisis indikator, uji normalitas, uji linieritas, uji regresi berganda, uji-t, uji-f, dan uji koefisien detrminasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa, brand image di Al Lathif Islamic Primary School Kota Bandung memperoleh rata-rata nilai 4,45 maka dikategorikan sangat tinggi. Brand trust di Al Lathif Islamic Primary School Kota Bandung memperoleh rata-rata nilai 4,39 maka dikategorikan sangat tinggi. Competitive advantage di Al Lathif Islamic Primary School Kota Bandung memperoleh rata-rata nilai 4,34 maka dikategorikan sangat tinggi. Brand image memiliki pengaruh terhadap competitive advantage pada Al Lathif Islamic Primary School Kota Bandung, dengan nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0,05 dan nilai thitung 4,599 > ttabel 2,032 sehingga disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan antara brand image terhadap competitive advantage. Brand trust memiliki pengaruh terhadap competitive advantage pada Al Lathif Islamic Primary School Kota Bandung, dengan nilai signifikansi sebesar 0,03 < 0,05 dan nilai thitung 3,163 < ttabel 2,032 dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan antara brand trust terhadap competitive advantage. Pengaruh brand image dan brand trust terhadap competitive advantage bahwa nilai R Square sebesar 0,614 dengan nilai fhitung 27,033 >ftabel 3,27, artinya pengaruh variabel X1 dan X2 secara simultan terhadap variabel Y sebesar 61% sisanya 39% dijelaskan oleh variabel lain tidak dibahas dalam penelitian ini. Seperti word of mouth, jenis pemasaran lain dan sebagainya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Brand Image; Brand Trust; Competitive Advantage
Subjects: Education
Education > Sociology of Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Kependidikan Islam
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Dea Hernas Aprilia
Date Deposited: 04 Sep 2023 06:25
Last Modified: 04 Sep 2023 06:25
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73568

Actions (login required)

View Item View Item