Pengaruh bimbingan kelompok terhadap peningkatan motivasi menghafal Al-Quran : Penelitian terhadap Santri Tahfiz di Pondok Pesantren Tahfiz Sunanul Huda

Zulfah, Shofa Aulia (2023) Pengaruh bimbingan kelompok terhadap peningkatan motivasi menghafal Al-Quran : Penelitian terhadap Santri Tahfiz di Pondok Pesantren Tahfiz Sunanul Huda. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (845kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (859kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB) | Request a copy

Abstract

Bimbingan kelompok merupakan salah satu program tahfiz di Pondok Pesantren Tahfiz Sunanul Huda Sukabumi. Bimbingan kelompok ini yakni pemberian motivasi, arahan dan informasi sesuai dengan kebutuhan para santri secara berkelompok. Capaian dalam program ini diharapkan santri dapat memiliki motivasi dan semangat yang tinggi dalam menghafal Al-Quran, dapat menghadapi kesulitannya dan dapat mencapai target hafalan yang diinginkan para santri atau penghafal Al-Quran. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui besar pengaruh bimbingan kelompok terhadap peningkatan motivasi menghafal Al-Quran santri di Pondok Pesantren Tahfiz Sunanul Huda Sukabumi. Penelitian ini bertolak ukur pada teori behavioral yang didirikan oleh John B. Watson (1913) bahwa tingkah laku manusia dapat diartikan sebagai tindakan yang bertujuan mengubah perilaku. Hal ini berkaitan dengan peningkatan motivasi menghafal Al-Quran dimana para penghafal Al-Quran dapat mengubah tingkah lakunya dengan menciptakan suasana yang baru sehingga akan menghasilkan suatu dorongan dan semangat dalam menghafal Al-Quran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang dimana data yang dihasilkan berbentuk angka. Dan menggunakan metode regresi linier sederhana menggunakan SPSS (Statistical Package for Sosial Science) versi 25, dimana pada analisis regres linier sederhana akan diuji pengaruh antara satu variabel dengan variabel lainnya, yakni pada penelitian ini menguji pengaruh bimbingan kelompok terhadap peningkatan motivasi menghafal Al-Quran. Adapun tekhnik pengumpulan data melalui skala, yakni skala bimbingan kelompok dan skala motivasi menghafal Al-Quran. Berdasarkan hasil penelitian, data menunjukan hasil uji koefesien determinasi sebesar 0,084 atau 8,4%. Dan pada hasil uji analisis regresi mengalami peningkatan sebesar 1% maka disimpulkan bahwa bimbingan kelompok memberikan pengaruh terhadap motivasi menghafal Al-Quran di Pondok Pesantren Tahfiz Sunanul Huda sebesar 0.204.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok; Peningkatan Motivasi Menghafal Al-Quran;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Zulfah Shofa Aulia
Date Deposited: 15 Aug 2023 03:16
Last Modified: 15 Aug 2023 03:16
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73580

Actions (login required)

View Item View Item