Faktor internal dan eksternal pembiayaan terhadap perkembangan usaha UMKM di Jawa Barat : Studi tentang karakter, kapasitas, modal, jaminan, dan kondisi pembiayaan terhadap usaha UMKM di Jawa Barat

Widiantini, Nema (2023) Faktor internal dan eksternal pembiayaan terhadap perkembangan usaha UMKM di Jawa Barat : Studi tentang karakter, kapasitas, modal, jaminan, dan kondisi pembiayaan terhadap usaha UMKM di Jawa Barat. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (cover)
1_cover.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
4_bab 1.pdf

Download (514kB) | Preview
[img] Text (bab 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (665kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (647kB) | Request a copy
[img] Text (bab 5)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa selain permodalan, umkm juga terkendala Sumber daya manusia yang merupakan asset yang paling penting yang peranannya sangat diperlukan dalam mendukung terciptanya umkm dengan daya saing dan kualitas tinggi. Rendahnya kualitas SDM mempengaruhi kemampuannya dalam menciptakan dan memanfaatkan peluang usaha, menyerap dan menggunakan teknologi produksi, perencanaan produksi dan pengelolaan perusahaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui secara mendalam dan menganalisis 5C sebagai dasar pertimbangan perbankan dalam memberikan keputusan pemberian pembiayaan pada UMKM, Pelaksanaan dan penilaian 5C dalam keputusan pemberian pembiayaan pada UMKM, dan Kepatuhan UMKM dalam menerapkan hukum syariah. Kerangka berpikir pada penelitian ini menggunakan 3 (tiga) teori sebagai pisau analisis dalam pemecahan masalah ini. Teori pertama (grand theory) yaitu teori maslahah mursalah, teori ke dua (middle theory) yaitu teori pemberdayaan, dan ketiga (aplicative theory) dengan menggunakan teori manajemen. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analisis dengan pendekatan yuridis empiris. Pengumpulan data menggunakan kuisioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Bedasarkan hasil penelitian 1) Pertimbangan dalam memberikan keputusan pemberian pembiayaan murabahah pada UMKMdi Jawa Barat dengan menggunakan analisis 5C (Character, Capasity, Capital, Collateral, Condition). 2) Dalam keputusan pemberian pembiayaan pada UMKM bank syariah telah melakukan analisis analisis 5C (Character, Capasity, Capital, Collateral, Condition) berdasarkan Undang- undang perbankan Nomor 21 tahun 2008. dan 3) Hasil penelitan ini menyimpulkan bahwa karakter, kapasitas, modal, jaminan dan kondisi berkontribusi positif terhadap perkembangan UMKM. Hal ini didasarkan kepada setiap debitur yang lolos verifikasi 5C memiliki kualitas yang diyakini dapat mengembangkan usahanya. Sebagaimana dalam Undang- undang perbankan Nomor 21 tahun 2008 yang terdapat dalam pasal 8 yaitu: Dalam memberikan kredit atau pembiayaan berdasarkan prinsip syariah bank umum wajib mempunyai keyakinan berdasarkan analisis yang mendalam atas niat dan kemampuan serta kesanggupan debitur untuk melunasi utangnya atau mengembalikan pembiayaan dimaksud sesuai dengan yang di perjanjikan. 4) Tingkat kepatuhan UMKM dalam menjalankan usaha dengan menerapkan hukum syariah yaitu: tidak adanya unsur riba, tidak adanya unsur gharar, tidak adanya unsur maisir, prinsip pertimbangan keadilan, dan pada kewajiban membayar zakat.

Item Type: Thesis (Doktoral)
Uncontrolled Keywords: Faktor Internal dan Eksternal; Pembiayaan; Perkembangan Usaha UMKM; Jawa Barat
Subjects: Econmics
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Hukum Islam > Konsentrasi Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Nema Widiantini
Date Deposited: 16 Aug 2023 02:43
Last Modified: 16 Aug 2023 02:43
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73633

Actions (login required)

View Item View Item