Kisah orang-orang saleh dalam Al-Qur'an : Studi komparatif tafsir Fi Zhilal Al-Qur’an karya Sayyid Quthb dan tafsir Khawatiri Hawla Al-Qur’an Al-Karim karya Al-Sya’rawi

Akbar, Muchammad Fariz Maulana (2023) Kisah orang-orang saleh dalam Al-Qur'an : Studi komparatif tafsir Fi Zhilal Al-Qur’an karya Sayyid Quthb dan tafsir Khawatiri Hawla Al-Qur’an Al-Karim karya Al-Sya’rawi. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (424kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)

Abstract

Al-Qur'an sebagai sumber utama hukum Islam dan pedoman hidup kaum Muslim menyajikan kisah-kisah luar biasa melalui metode kisah. Kisah-kisah dalam Al-Qur’an (Qashash Al-Qur’an) menggambarkan dakwah dan peristiwa masa lalu, serta memiliki hikmah yang dapat diambil. Kisah-kisah ini memberikan semangat kepada Nabi Muhammad dan umat Islam dalam menghadapi tantangan dakwah.Pemahaman umat Islam terhadap kisah orang-orang saleh dalam Al-Qur'an terbatas dan terkadang salah. Selain itu, kajian terhadap orang-orang saleh sedikit dikaji dikarenakan ayatnya lebih sedikit daripada kisah para Nabi dan kisah nabi Muhammad sendiri. Maka penelitian ini, penulis memilih tafsir Fi Zhilal Al-Qur’an karya Sayyid Quthb dan tafsir Khawatiri Hawla Al-Qur’an Al-Karim karya Al-Sya’rawi. Kedua mufasir ini dianggap memiliki peranan penting karena hidup sezaman dan sama-sama bercorak Adab Al-Ijtima’i Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji penafsiran kisah Maryam, Ali Imran, Zulkarnain, dan Luqman Al-Hakim dalam tafsir Fi Zhilal Al-Qur’an karya Sayyid Quthb dan tafsir Khawatiri Hawla Al-Qur’an Al-Karim karya Al-Sya’rawi. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menemukan persamaan dan perbedaan dalam penafsiran kisah orang-orang saleh antara kedua tafsir tersebut. Selanjutnya, penelitian ini juga bermaksud untuk mengidentifikasi pelajaran penting yang dapat dipetik dari keempat kisah Al-Qur’an dalam dua tafsir tersebut. Penelitian ini menerapkan metode komparasi untuk membandingkan penafsiran Al-Qur'an terkait tema yang sama antara ayat-ayat, Al-Qur'an dengan hadis, serta pendapat mufasir yang berbeda, dengan tujuan untuk menganalisis persamaan dan perbedaan dalam pandangan ulama tafsir. Kesimpulan pada penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat persamaan dalam kedua tafsir tersebut pada karakteristik dan nilai-nilai yang ditunjukkan oleh orang-orang saleh Kisah Zulkarnain menggambarkan kepemimpinan orang saleh yang memperjuangkan dan melawan kerusakan atau keburukan, kisah Luqman Al-Hakim menunjukkan nilai pendidikan orang tua kepada anaknya dalam hal menanamkan rasa syukur kepada Allah, kisah Ali Imran menunjukkan nilai-nilai dalam membangun dan membina keluarga yang saleh sehingga menghasilan keturunan yang saleh dan kisah Maryam menunjukkan nilai-nilai seorang perempuan dalam menjaga kehormatannya. Meskipun ada perbedaan dalam pendekatan penafsiran, keseluruhan pelajaran dari kisah-kisah orang-orang saleh ini dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari untuk mengembangkan kepemimpinan yang saleh, pendidikan yang baik, keluarga yang saleh, dan menjaga kehormataan karena Allah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Penafsiran; Orang saleh; Qashash; Kisah
Subjects: Doctrines of Religions
Christianity > Education, Research
Christianity > Specific Systems of Theology
Islam Umum > Majalah Agama Islam, Jurnal Agama Islam, Penerbitan-penerbitan Berkala Islam
Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Muchammad Fariz Maulana Akbar
Date Deposited: 16 Aug 2023 03:37
Last Modified: 16 Aug 2023 03:43
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73640

Actions (login required)

View Item View Item