Implementasi bimbingan dan konseling menggunakan teknik Rational Emotive Behaviour Therapy untuk mengatasi rasa Insecure siswa di Madrasah Aliyah Negeri 12 Jakarta

Luqyana, Lulu Rosa (2023) Implementasi bimbingan dan konseling menggunakan teknik Rational Emotive Behaviour Therapy untuk mengatasi rasa Insecure siswa di Madrasah Aliyah Negeri 12 Jakarta. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (129kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB)

Abstract

Para remaja mempunyai banyak sekali tantangan untuk menuju dewasa, salah satunya yaitu muculnya perasaan insecure. Karena para remaja sering kali mengalami tekanan, perasaan khawatir, dan juga rasa tidak percaya diri yang berlebihan karena memiliki harapan yang cukup tinggi. Perasaan ini sering kali terjadi karena mereka dalam proses pendewasaan, dan akan mengakibatkan meningkatnya perasaan tersebut dan akan berdampak negatif bagi mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: kondisi rasa insecure siswa, proses pelaksanaan dan juga hasil dari bimbingan dan konseling menggunakan teknik rational emotive behaviour therapy untuk mengatasi rasa insecure siswa di Man 12 Jakarta. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) kondisi rasa insecure siswa terjadi pada kelas 10 yang disebabkan masa transisi dari sekolah yang lama ke sekolah yang baru ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi; 2) proses pelaksanaan bimbingan dan konseling teknik REBT di awali dengan need asesment untuk mengetahui situasi nyata siswa melalui beberapa tahapan yaitu tahap awal, tahap inti, dan tahap akhir; 3) hasil dari bimbingan dan konseling teknik REBT dapat membantu seorang siswa untuk mengatasi rasa insecure, dengan cara mengubah pola pikir siswa yang tadinya irasional menjadi rasional.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan dan Konseling; REBT; Insecure;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Lulu Rosa Luqyana
Date Deposited: 16 Aug 2023 01:37
Last Modified: 16 Aug 2023 01:37
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73641

Actions (login required)

View Item View Item