Peran organisasi mahasiswa dalam toleransi beragama : Studi banding pada Lembaga Dakwah Mahasiswa dan Suaka UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Malik, Alica Fahira (2020) Peran organisasi mahasiswa dalam toleransi beragama : Studi banding pada Lembaga Dakwah Mahasiswa dan Suaka UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (197kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian yang berjudul PERAN ORGANISASI MAHASISWA DALAM TOLERANSI BERAGAMA (Studi Banding Pada Lembaga Dakwah Mahasiswa dan Suaka UIN Sunan Gunung Djati Bandung)Pada dasarnya penelitian ini merupakan penelitian tentang peran yang dilakukan oleh para mahasiswa yang tergabung dalam organisasi kemahasiswaan di kampus yaitu Lembaga Dakwah Kampus (LDM) dan Lembaga Pers Mahasiswa SUAKA UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG(SUAKA) yang berbeda visi dan misi dalam melaksanakan kegiatan sosial di kampus maupun masyarakat yang multi etnis dalam upaya untuk membina sikap toleransi beragama di lingkungan Kampus maupun di masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi deskriptif sedangkan data-data diperoleh melalui teknik observasi, wawancara, studi literatur, studi dokumentasi dan catatan lapangan. Dari hasil analisis data di atas dapat disimpulkan bahwa peran yang dilakukan oleh organisasi LDM dan LPM SUAKA dapat memberikan motivasi bagi mahasiswa dalam membina sikap kepedulian dan kemanusiaan menjalin sikap toleransi dan saling menghargai serta sikap kebersamaan yang menjadi perekat hubungan sosial di tengah masyarakat. Dengan demikian realitas toleransi beragama yang ada di Kampus UIN SUNAN GUNUNG DJATI Bandung sudah sangat terkonsepkan dengan sangat baik dilihat dari adanya berbagai kegiatan yang mengarah kepada sikap yang menjalin dan menjunjung tinggi toleransi beragama. Rekomendasi yang dapat diajukan adalah agar organisasi LDM dan LPM SUAKA semakin sering untuk mengadakan kegiatan sosial serta melakukan dialog bersama dengan masyarakat akademik ataupun umum dalam rangka menjaga hubungan tolerans beragama serta bekerjasama dengan pemerintah setempat. sebagai usaha untuk mencegah terjadinya konflik agama.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Mahasiswa; Toleransi; Organisasimahasiswa
Subjects: Religious Mythology > Attitudes of Religions Toward Social Issues
Religious Ethics
Islam
General Management > Organizations
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi, Studi Agama Agama
Depositing User: ALICA AFM MALIK
Date Deposited: 04 Sep 2023 01:32
Last Modified: 04 Sep 2023 01:32
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73702

Actions (login required)

View Item View Item