Hubungan Antara Komunikasi Interpersonal Dalam Keluarga Dengan Sikap Remaja Terhadap Kesehatan Reproduksi Di Smk X Kabupaten Bandung

Zakiah, Anisa (2016) Hubungan Antara Komunikasi Interpersonal Dalam Keluarga Dengan Sikap Remaja Terhadap Kesehatan Reproduksi Di Smk X Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ADFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (420kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (788kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB)
[img] Text (ABB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari penemuan sebuah fenomena yang mana di lingkungan sekolah SMK X Kabupaten Bandung terdapat remaja yang melakukan perilaku penyimpangan seksual, menurut Hurlock (1980) pada usia tersebut menurut remaja sedang dalam masa meningkatnya minat terhadap seks dan remaja selalu berusaha mencari lebih banyak informasi mengenai seks. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara komunikasi interpersonal dengan sikap remaja terhadap kesehatan reproduksi di SMK X Kabupaken Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa i SMK X kabupaten Bandung yang berjumlah 162 dengan total sampel yaitu 81 siswa. Tehnik pengambilan sampel dengan cara simple random sampling. Skala komunikasi interpersonal dan sikap terhadap kesehatan reproduksi dikembangkan oleh peneliti dengan menggunakan skala Likert. Berdasarkan uji coba alat ukur dan pengujian validitas skala komunikasi interpersonal dengan hasil berkisar antara 0.849 sampai dengan 0.987 dan skala sikap kesehatan reproduksi berkisar antara 0.869 sampai dengan 0.955. sedangkanhasil dari pengujian reliabilitas dengan tehnik alpha-cronbach, komunikasi interpersonal memiliki indeks reliabilitas sebesar 0.963 dan sikap remaja terhadap kesehatan reproduksi sebesar 0.797. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan uji Rank Spearman diperoleh nilai rs sebesar 0.134 dengan p=0.232 yang berarti bahwa tidak terdapat hubungan positif antara komunikasi interpersonal dengan sikap remaja terhadap kesehatan reproduksi. Artinya siswa yang melakukan komunkasi interpersonalyang efektif tidak berarti memiliki sikap yang positif terhadap kesehatanreproduksi. Berarti hipotesisi yang diajukan ditolak. Begitu pula hasil analisis deskriptif dengan uji tabulasi silang menunjukan tidak adanya hubungan antara komunikasi interpersonal dengan sikap terhadap kesehatan reproduksi. Dari 42 (51.9 %) siswa yang melakukan komunikasi interpersonal yang efektif terdapat 37 (45.7%) siswa memiliki sikap terhadap kesehatan reproduksi yang positif. Sedangkan dari 39 siswa (48.1%) siswa yang melakukan komunikasi interpersonal yang efektif terdapat 44 (54.3%) siswa memiliki sikap yang negatif terhadap kesehatan reproduksi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi interpersonal;sikap terhadap kesehatan reproduksi;remaja
Subjects: Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: PKL6 SMKN 11 GARUT
Date Deposited: 08 Dec 2023 09:01
Last Modified: 08 Dec 2023 09:01
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73722

Actions (login required)

View Item View Item